Los Angeles (ANTARA News) - Dua superstar NBA LeBron James dan Stephen Curry masuk daftar 30 calon pemain tim bola basket Amerika Serikat pada Olimpiade Rio 2016.

Curry adalah salah satu dari lima pemain Golden State Warriors yang masuk daftar itu, bersama Klay Thompson, Draymond Green, Harrison Barnes dan Andre Iguodala.

James, bintang Cleveland Cavaliers, yang sudah tiga kali dikalungi medali emas Olimpiade, akan menjadi kapten tim di Rio de Janeiro Agustus nanti dalam kesertaannya yang keempat dalam Olimpiade.

30 pemain itu nantinya akan dikerutkan menjadi 12 pemain.

"Jelas memilih 12 pemain untuk Olimpiade 2016 itu adalah proses yang amat sangat sulit,"  kata kepala Bola Basket AS Jerry Colangelo, direktur pelaksana Tim Nasional Putra AS sejak 2005.

Ke-30 pemain berasal dari 17 tim NBA di mana Warriors memimpin dengan lima pemain, sedangkan Cavaliers dan Clippers masing-masing diwakili tiga pemains.

Guard Los Angeles Lakers Kobe Bryant sudah menyatakan mundur pekan lalu demi memberi tempat kepada generasi muda basket AS.

"Ini adalah para pemain yang pantas mendapatkan tempat di Rio. Ini adalah para pemain yang ingin ditonton orang," kata Bryant, yang pernah dikalungi medali emas Olimpiade 2008 dan 2012, seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016