Masih banyak keunikan dari kehidupan masyarakat adat di pedalaman Sumatera yang menjadi sebuah misteri dan menunggu untuk diungkap, salah satunya adalah Suku Sakai di Provinsi Riau. Sebuah rumah adat di tepi belantara menjadi "benteng" terakhir untuk mempertahankan budaya Sakai dari perubahan zaman.

Perjalanan melalui jalan darat pada awal Januari sejauh 180 kilometer dari Kota Pekanbaru menuju Desa Kusumbo Ampai Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, dipenuhi oleh pemandangan tanaman kelapa sawit dan instalasi tambang perusahaan minyak bumi. Permukiman Sakai Desa Kusumbo Ampai, yang kerap disebut warga setempat dengan daerah Sebanga atau Sebango, relatif mudah diakses karena berada di jalur Jalan Lintas Timur Sumatera.

Meski begitu, jalan masuk ke perkampungan suku asli Riau itu hanya sebagian kecil yang sudah diaspal, dan itu pun kini sudah banyak berlubang. Hingga kini tidak ada transportasi umum yang menjangkau tempat itu, dan begitu juga sinyal telepon, sehingga begitu masuk ke wilayah itu membuat kita terputus dari kehidupan modern.

Pada ujung jalan aspal itu berdiri Rumah Adat Suku Sakai di lahan seluas sekitar 1,3 hektare, yang berbatasan langsung dengan hutan (rimbo) adat. Bangunan megah berbentuk rumah panggung itu terlihat kontras dengan permukiman warga di sekitarnya yang terbuat dari kayu dengan jalan tanah berlumpur.

Meski begitu, mayoritas warga Suku Sakai di Desa Kusumbo Ampai kini sedang bersuka cita merayakan rumah adat mereka yang baru rampung dibangun untuk menggantikan bangunan lama yang rusak berat. Restorasi rumah adat itu merupakan hadiah dari perusahaan industri kehutanan APP-Sinar Mas Forestry yang wilayah kerjanya berbatasan dengan permukiman Suku Sakai di sana.

Rumah adat Suku Sakai terdiri atas beberapa bangunan yang terpisah. Di sebelah kiri dari pintu masuk terdapat balai adat tanpa dinding yang disebut Bubung Lantik Olang Monai, sedangkan di sebelah kanannya terdapat bangunan serupa yang dinamai Bangsal Pisang Sekikek.

Bangunan utama terletak di tengah, berupa rumah panggung paling besar berukuran sekira 9 x 11 meter dengan jendela bulat dan deretan anak tangganya yang berwarna kuning membuatnya terlihat unik. Rumah utama terdiri atas tiga bagian, yang paling luas untuk aula pertemuan induk bernama Gajah Menohun. Di dua sudutnya terdapat lantai yang lebih tinggi bernama Anjung Si Timbal Balik untuk pernikahan dan orang yang dituakan. Bagian depan bangunan utama itu terdapat beranda yang disebut Peyapah Jatuh, sedangkan di bagian belakang disebut Gajah Monusu, yakni ruangan lebih kecil yang digunakan untuk dapur.

Sementara itu, sebuah menara setinggi sekitar 10 meter berdiri di muka bangunan utama, yang disebut Moligai Payung Sekaki. Di pucuk menara terdapat hiasan patung berbentuk burung yang disebut Puan Saleh.

Moligai payung sekaki dari masa nenek moyang digunakan bagi kaum perempuan untuk melihat kegiatan di rumah adat dari atas," kata Pimpinan Adat Suku Sakai (Bathin), M. Yatim, kepada Antara.



Jepang Hingga Pagaruyung

Suku Sakai merupakan salah satu suku asli di Provinsi Riau yang menyebar di sejumlah kabupaten, yaitu Bengkalis, Kampar, Indragiri hulu, serta Siak yang totalnya ada 13 bathin. Permukiman warga Sakai terbanyak berada di wilayah Desa Kesumbo Ampai, yakni mencapai sekitar 300 kepala keluarga. Bathin M. Yatim sendiri merupakan pimpinan dari delapan Bathin Suku Sakai yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Suku Sakai termasuk dalam suku Melayu (proto) Melayu, dan Bathin Yatim menyatakan garis keturunan mereka erat kekerabatannya dengan Kerajaan Pagaruyung di Provinsi Sumatera Barat. Nenek moyang mereka bereksodus ke wilayah Sumatera bagian tengah pada 600 tahun lalu, ketika Kerajaan Pagaruyung berkecamuk perang besar.

Karena itu, tidak mengherankan apabila bahasa Sakai dan beberapa budayanya seperti pencak silat dan bentuk atap bangunan adat, sangat identik dengan tradisi Minangkabau. Bahkan, pimpinan adat seperti sultan dan datuk dari Kerajaan Pagaruyung juga hadir pada peresmian rumah adat Suku Sakai di Desa Kesumbo Ampai.

Lalu, apabila Sakai sebenarnya adalah para perantau dari tanah Minang, mengapa di Riau mereka dipanggil Sakai?

Bathin Yatim menceritakan kisah yang diwariskan turun-temurun mengenai asal nama Sakai. Orang-orang tua Sakai percaya nama tersebut merupakan pemberian dari orang Jepang saat menjajah Nusantara selama tiga tahun sejak 1942.

Menurut dia, masyarakat adat tersebut termasuk yang ditakuti oleh tentara Jepang karena kekuatannya. Masyarakat adat tersebut justru terus melawan Jepang, dan seringkali para penjajah kerepotan melawan orang kebathinan karena ilmu gaib yang mereka miliki.

Karena itu, pihak penjajah tidak berani memaksa mereka untuk ikut kerja paksa atau "Romusha".

"Ada kisah, saat masyarakat kebathinan ditembak oleh Jepang, namun tidak mati. Tapi itu bukan berarti kami tahan tembak, tapi bisa jadi orang Jepangnya tidak tepat untuk menembak sebab ada juga suku kebathinan yang tewas akibat samurai (pedang) Jepang," kata Bathin Yatim.

Mungkin karena kebingungan untuk menyebut lawan kuatnya, lanjut Bathin Yatim, maka Jepang memanggil masyarakat kebathinan dengan Sakai yang konon karena bentuk fisik mereka mirip dengan orang Sakai di Jepang. Cerita Bathin Yatim kemungkinan besar terkait dengan Klan Sakai yang merupakan samurai terkuat pada zaman Kekaisaran Tokugawa abad ke-14.

"Sakai itu berasal dari orang-orang Jepang yang artinya kuat tahan banting dan sejenisnya. Itulah kenapa alat-alat berat buatan Jepang ada merek Sakai," katanya.

"Lalu peneliti ada yang mengaitkan Sakai adalah singkatan dari kata-kata Sungai, Air, Kampung, Anak dan Ikan. Katanya itu menggambarkan kehidupan kami, jadi ya itu tidak jadi masalah juga buat kami," lanjut Bathin Yatim.

Ia berharap rumah adat baru itu bisa mengukuhkan kembali identitas Suku Sakai, karena itu bangunan utama juga digunakan seperti museum yang berisikan sejarah Sakai tempo dulu. Peninggalan keris pusaka Sakai tersimpan rapi di dalam kotak kaca di sudut ruangan itu. Selain itu, ada juga alat musik tradisional, perlengkapan hidup seperti kapak perimbas, tombak, parang, keranjang anyaman rotan (ago), lentera (pelito dama) hingga pakaian dari kulit kayu yang dahulu digunakan nenek moyang mereka.

Pada dinding kayunnya dipenuhi dengan penjelasan tentang silsilah 13 bathin Suku Sakai yang tersebar di Kabupaten Bengkalis dan Siak. Kemudian ada foto rumah adat yang lama, foto hitam putih tentang orang Sakai zaman dulu yang menggunakan baju dari kulit kayu, serta peta wilayah adat Sakai yang dibuat oleh orang Belanda.

"Peta wilayah adat Sakai ini saya dapatkan dari mahasiswa Belanda yang meneliti Suku Sakai di sini. Ternyata orang Belanda pada masa penjajahan membuat petanya dan disimpan di museum di Leiden, Belanda," kata Bathin Yatim.



Hilang Identitas

Sebagai besar hidup Bathin Yatim adalah menjadi saksi hidup mengenai betapa sulitnya kehidupan Suku Sakai yang telah kehilangan identitasnya. Ia mengungkapkan ada perasaan senang bercampur kepedihan melihat rumah adat Suku Sakai yang baru. Rumah adat itu memang terlihat kokoh dengan dinding kayu yang dipernis hingga coklat mengkilap, tiang pancang besi warna merah, dan atap seng antibocor berwarna hijau tua. Namun, ada kesedihan yang dipendamnya karena rumah adat itu sudah jauh berbeda dari yang sebelumnya dibuat menggunakan bahan baku yang berasal dari hutan alam.

"Kalau dari bentuknya masih sama seperti yang lama, tapi sudah jauh berbeda karena rumah adat yang lama tak pakai besi dan atap seng. Tapi mau bagaimana lagi karena sekarang hutan hampir habis tinggal 300 hektare hutan adat yang tersisa, kayu dan rotan makin sulit dicari," katanya.

Bathin Yatim masih ingat bagaimana uniknya rumah adat Suku Sakai yang lama dibuat dari bahan baku pilihan mulai dari kayu kulim dan meranti untuk tiang pancangnya, dinding dari kulit kayu, atap dari daun rumbia dengan hiasan buah pinang di pucuknya, hingga lantai kayu yang dilapisi jalinan rotan di atasnya.

Butuh musyawarah adat yang cukup lama untuk menerima tawaran perusahaan untuk membangun ulang rumah adat dengan bahan baku yang modern. Karena pertimbangan bahan baku yang langka, akhirnya para pemuka adat menyetujui pembangunan tersebut supaya rumah adat bisa bertahan lebih lama.

"Bagaimana pun juga kami harus maju ke depan, sudah jadi tanggung jawab masyarakat kami agar budaya tidak hilang," katanya.

Ia menjelaskan, Suku Sakai "dipaksa" kehilangan akar budayanya pada saat pemerintah Indonesia pada masa Orde Baru mulai memberikan izin usaha kepada perusahaan kehutanan. Hutan yang menjadi sumber hidup dan identitas mereka mulai dikapling-kapling untuk para pebisnis. Tradisi ladang berpindah Suku Sakai dicap sebagai tindakan merusak lingkungan, dan mereka dipaksa menempati rumah permanen bantuan Kementerian Sosial agar tidak lagi hidup nomaden.

"Akhirnya rumah-rumah itu kosong karena yang kami tahu adalah cara hidup di hutan, dan kami juga yang akhirnya dipersalahkan. Kami dipaksa mengubah tradisi tanpa dipikirkan kelangsungan ekonomi kami, dan rasanya itu tidak adil buat kami," kata Bathin Yatim.

Ia mengatakan butuh waktu lama sampai akhirnya pemerintah mulai memahami kearifan lokal Suku Sakai, dan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di sekitarnya mulai memberikan bantuan untuk memperbaiki kehidupan Suku Sakai. Meski begitu, Suku Sakai sudah terlanjur kehilangan identitas karena hutan adat nyaris musnah. "Hutan sangat penting bagi kami, itu jadi apotek hidup dan warisan untuk anak-cucu kami," katanya.

Ia berharap rumah adat yang baru bisa menjadi pusat pelestarian budaya dan "benteng" terakhir bagi Suku Sakai. Rimbo adat seluas 300 hektare di sekitar rumah adat itu akan terus dijaga dengan aturan adat yang keras.

"Ada sanksi adat bagi warga Sakai yang nekat menebang pohon di rimbo adat, namun untuk orang luar yang berani merusaknya tidak perlu sanksi adat karena kami akan langsung bunuh," tegas Bathin Yatim.



Potensi Wisata

Ratusan warga Suku Sakai meramaikan pesta adat yang digelar pada saat peresmian rumah adat yang baru. Tamu-tamu dari perusahaan, pejabat pemerintah daerah hingga pemuka adat dari Kerajaan Pagarhuyung di Sumatera Barat ikut hadir dalam pesta itu.

Sejumlah lelaki Sakai memperagakan pencak silat dan tarian perang dengan asesori selendang warna-warni dan lonceng kecil di tangan mereka. Salah satu warga yang antusias adalah Robin, yang saat peresmian mengenakan pakaian tradisional dari kulit kayu. Dengan membawa tombak, Robin yang juga ketua RT setempat, berperan sebagai "hulubalang" untuk berdiri menyambut tamu di jalan masuk rumah adat.

Bahkan, karena busananya yang unik itu, Robin mendapat pesanan untuk membuat miniatur baju kulit kayu dari sejumlah tamu undangan dari Kota Pekanbaru. "Saya langsung dapat pesanan baju kulit kayu untuk hiasan. Katanya kalau bagus, nanti akan dibantu dipasarkan di Pekanbaru," katanya dengan bangga.

Ia mengatakan, sudah tidak banyak warga Sakai yang bisa membuat pakaian dari kulit kayu terlebih lagi karena bahan baku makin sulit didapatkan. Selain itu, cara membuatnya juga membutuhkan teknik dan ketelitian tersendiri.

"Untuk pakaian besar saya bisa membuatnya selama 10 hari, tapi karena diminta sebagai hiasan yang ukurannya kecil, itu bisa saya selesaikan selama empat hari," katanya.

Direktur PT Indah Kiat Pulp and Paper dari grup APP-Sinarmas Forestry, Hasanuddin, mengatakan nilai kebudayaan yang tinggi merupakan hal penting yang harus dipelihara sebagai kekayaan negara yang dapat dibanggakan secara Internasional, sehingga rumah adat Sakai adalah salah satunya yang perlu dilestarikan. Pihak perusahaan membangun rumah adat tersebut selama tiga tahun dan menghabiskan biaya sekitar Rp1 miliar.

Selain itu, ia mengatakan tingkat deforestasi yang semakin tinggi di Indonesia merupakan hal penting bagi perusahan, sehingga dengan adanya rumah adat Sakai yang salah satu fungsinya sebagai tempat pendidikan dapa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai konservasi dan kehidupan yang berkelanjutan.

"Program ini diyakini dapat memberikan keuntungan bagi setiap pihak. Pada akhirnya, dengan berjalannya program ini dapat membuat hubungan yang berkesinambungan antara perusahaan dan Suku Sakai baik saat ini maupun di masa mendatang," katanya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan mengusulkan rumah adat Suku Sakai di Desa Kusumbo Ampai, Kecamatan Mandau sebagai objek wisata baru di Provinsi Riau. "Rumah adat ini pasti akan dicari oleh peneliti dan wisatawan," kata Penjabat Bupati Bengkalis Achmadsyah Harofie kepada Antara pada peresmian rumah adat itu.

Karena itu, ia mengajak warga Sakai untuk bertekad kuat mengajari anak-cucu mereka untuk melestarikan budaya agar tempat tersebut bisa "bercerita" tentang sejarah nenek moyang Suku Sakai.

Suku Sakai sekarang bukan suku yang terpinggirkan. Sudah ada yang jadi lurah, camat, dan bahkan bisa jadi gubernur," tutup Achmadsyah Harofie.

Oleh FB Anggoro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016