Mexico City (ANTARA News) - Gempa dengan kekuatan 6,6 pada Skala Richter mengguncang pantai Meksiko Barat pada Kamis, kata US Geological Survey (USGS).

Gempa tersebut mengguncang wilayah 215 kilometer di sebelah barat-daya Toamatlan, Jalisco, Meksiko, pukul 18.07 GMT (Jumat, 01.07 WIB), dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa mulanya diperkirakan berada pada 18,6 derajat Lintang Utara dan 170 derajat Bujur Barat.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) tidak mengeluarkan peringatan tsunami, kata Xinhua, Jumat. "Berdasarkan semua data yang ada ... tak ada ancaman tsunami dari gempa ini," kata PTWC di dalam satu pernyataan setelah gempa terjadi.

Luis Felipe Puente, Koordinator Nasional bagi Keamanan Sipil Meksiko, mengatakan protokol keamanan telah diaktfikan di 125 kota praja dan tak ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan setakat ini.

Selain itu, biro keamanan sipil buat Negara Bagian Jalisco menyatakan bahwa mereka memantau prasarana dan bangunan di seluruh negara bagian tersebut, dan pada saat yang sama menyarankan warga agar tenang.

Gempa bumi tersebut mulanya tercatat berkekuatan 6,9 pada Skala Richter tapi belakangan diturunkan jadi 6,6, kata USGS. Itu adalah gempa kuat pertama yang dilaporkan di Meksiko pada 2016.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016