Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Dili, Timor Leste, esok Selasa, kata Kementerian Luar Negeri RI dalam siaran pers, Senin.

Ini adalah kunjungan kenegaraan pertama Presiden Jokowi ke Timor Leste.

Selain bersama Ibu Negara Iriana, Jokowi akan didampingi oleh Menko Perekonomian, Menteri Luar Negeri, Sekretaris Kabinet, dan Menteri Pemuda dan Olah Raga.

Kunjungan kenegaraan itu untuk memperkokoh hubungan masa depan kedua negara serta menegaskan kesiapan Indonesia menjadi mitra utama pembangunan Timor Leste.

Presiden Jokowi akan bertemu dengan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak dan Perdana Menteri Timor Leste Maria De Araujo, untuk membahas penguatan kerja sama perdagangan, investasi, energi, pembangunan infrastuktur, dan komitmen bersama untuk mempercepat penyelesaian isu perbatasan, baik perbatasan darat maupun perbatasan maritim.

Pemerintah kedua negara akan menandatangani lima nota kesepahaman berupa nota kesepahaman tentang keerjasama pemuda dan olah raga, kearsipan, klimatologi dan geofisika, SAR, dan energi petroleum dan sumber daya mineral.

Persiapan akhir kunjungan kenegaraan akan dilakukan dalam pertemuan Menteri Luar Negeri RI dan Menteri Luar Negeri Timor Leste di Dili hari ini.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016