Jakarta (ANTARA News) - Kebakaran di pemukiman pinggir rel kereta api antara stasiun Kampung Bandan dan Jakarta Kota, Jakarta Utara, Selasa, mengakibatkan kerusakan jaringan listrik aliran atas (LAA), sistem sinyal, dan bangunan milik PT KAI di sekitar lokasi bencana.

"Dan terhambatnya perjalanan kereta api dari dan menuju Stasiun Jakarta Kota, seperti dari Bogor-Jakartakota PP, Bekasi-Jakartakota PP dan Tanjung Priok-Jakarta Kota PP," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Bambang S Prayitno melalui rilis persnya, Selasa.

PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan pemadaman jaringan LAA untuk alasan keselamatan dan keamanan, yang kemudian berdampak delapan perjalanan KRL dari arah Stasiun Manggarai menuju Jakarta Kota mengalami hambatan.

Jalur lintas KRL lain seperti Stasiun Jatinegara-Jakarta Kota dan Tanjung Priok-Jakarta Kota juga terdampak akibat kebakaran ini.

Selain itu, KA lokal untuk keberangkatan dari Jakarta Kota tujuan Purwakarta terpaksa dialihkan melalui lintas Jakarta Kota-Manggarai.

"Begitu juga kami lakukan evakuasi kereta-kereta stabling di depo Kampung Bandan, untuk menghindari merembetnya kebakaran," kata Bambang.

Hingga berita ini diturunkan, LAA telah difungsikan kembali sehingga KRL bisa beroperasi, namun untuk lintas Jakarta Kota-Tanjung Priok masih perlu perbaikan.


Pewarta: Calvinantya Basuki
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016