Jakarta (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said memperpanjang masa kerja Komite Eksplorasi Nasional atau KEN untuk satu tahun mendatang.

"Setelah saya mendengarkan hasil laporan dari kerja KEN, saya memutuskan untuk memperpanjang masa kerjanya untuk satu tahun mendatang," kata Sudirman saat ditemui selepas rapat tertutup dengan para anggota komite di Gedung Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa.

Selain masa kerjanya yang diperpanjang, KEN juga akan mendapatkan perluasan tugas oleh Kementerian ESDM, dari yang sebelumnya hanya berfokus pada Minyak Bumi dan Gas, akan ditambah dengan geothermal, juga mineral dan batubara.

"Perluasan itu, karena, kedua isi bumi ini perlu di lihat supaya pada waktu kita mengeksploitasinya, kita punya data yang lebih akurat," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Komite Eksplorasi Nasional Andang Bachtiar mengatakan sampai dengan akhir masa kerja tanggal 31 Desember 2015, KEN telah merumuskan rekomendasi-rekomendasi yang implementasinya sebagian sudah mulai terlaksana dan sebagian lain akan dilaksanakan mulai tahun 2016.

"Salah satu rekomendasi yang mulai dilaksanakan adalah penerapan blok basis dalam kontrak kerja sama alih kelola blok dan perubahan tata kelola migas non konvensional," kata dia.

Terkait dengan instruksi Menteri ESDM yang mengamanatkan masa kerja KEN dilanjutkan untuk tahun 2016, Andang mengatakan pihaknya akan melakukan tindak lanjut dari instruksi menteri tersebut antara lain dengan meningkatkan rasio penggantian cadangan (Reserve Replacement Ratio/RRR) dalam lima tahun ke depan menjadi lebih besar dari 100 persen.

"Hal tersebut terkait dengan keberhasilan pemerintah di tahun 2015 mencapai target RRR minyak 139 persen dengan total penambahan cadangan minyak sebesar 398 juta barel minyak dan pada tahun yang sama memproduksi sejumlah 287 juta barel minyak," ujar dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara, Komite Eksplorasi Nasional (KEN) dibentuk sejak 12 Juni 2015 dan saat ini memiliki anggota 76 orang, memiliki misi meningkatkan rasio penggantian cadangan (RRR) lebih besar dari 75 persen dalam lima tahun.

Hal itu dilakukan dengan cara menemukan cadangan-cadangan migas baru dan sekaligus mempercepat proses penemuan cadangan migas yang semula enam hingga sepuluh tahun menjadi tiga sampai lima tahun sejak block award sampai discovery.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016