Melbourne (ANTARA News) - Petenis Jerman Angelique Kerber menghentikan langkah juara dua kali Australia Terbuka Victoria Azarenka untuk maju ke semifinal turnamen ini edisi 2016 yang juga merupakan kemenangan pertamanya atas petenis Belarus itu.

Unggulan ketujuh yang tidak pernah melangkah lebih jauh dari babak keempat di Melbourne Park itu menundukkan unggulan ke-14 dengan 6-3, 7-5 dan akan menghadapi pemenang pertandingan antara petenis Tiongkok Zhang Shuai melawan harapan Inggris Johanna Konta untuk memperebutkan satu tempat ke final.

Petenis Jerman itu sebelumnya selalu kalah pada enam pertemuannya dengan Azarenka, termasuk pada final Brisbane International bulan ini dan pada pertarungan tiga set dalam AS Terbuka tahun lalu.

"Saya tak bisa melukiskannya. Saya sudah ketinggalan 0-6 (dalam head to head antar mereka) sebelum saya masuk lapangan. Saya bilang 'Ayo main dan kalahkan dia'. Saya senang sekali mengalahkan dia untuk pertama kalinya," kata dia.  "Luar biasa sekali berada di semifinal."

Kerber terkenal sebagai petarung yang gigih dan kualitasnya itu terlihat ketika dia berbalik unggul pada set pertama padahal sempat tertinggal 2-5 melawan petenis yang penampilannya garang pada musim ini.

Bayangkan saja, Azarenka hanya kehilangan 11 game dari empat laga sebelum bertemu Kerber dan sempat dianggap ancaman utama Serena Williams yang bisa menjegalnya mencapai gelar Grand Slam ke-22.

Williams sendiri menyisihkan Maria Sharapova pada perempat final untuk menghadapi Agnieszka Radwanska esok Kamis untuk menentukan satu tempat lainnya di final.

Kerber yang menanjak pada 2015 dengan menjuarai empat turnamen atau kedua di bawah Williams yang menjuarai lima turnamen, punya senjata pamungkas untuk menjadi petenis Jerman pertama yang masuk empat besar sejak Anke Huber melakukannya pada 1998.  Senjatanya itu adalah forehand, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016