Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding menilai dukungan besar partai politik, dari sisi kuantitas dan kualitas, akan memperkuat pemerintahan sehingga program-program pembangunan berjalan baik.

"Masuknya Partai Golkar dalam partai pendukung pemerintah bukan ancaman bagi PKB. Semakin besar dukungan partai ke pemerintah, maka semakin baik bagi kekuatan pemerintah secara politik," kata Karding di Gedung Nusantara II, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, PKB menyambut baik masuknya Golkar sehingga pemerintah kuat dan kerja politik tidak capek.

Namun mengenai jatah partai di Kabinet adalah hak Presiden Joko Widodo untuk menentukannya.

"Kami yakin Pak Presiden proporsional, siapa yang bekerja dan siapa yang tidak bekerja," ujar Karding.

Kendati menyambut baik masuknya Golkar, Karding tetap memandang penting oposisi karena oposisi dalam demokrasi harus ada agar mekanisme "check and balances" berjalan.

"Kami senang karena Presiden bisa bekerja dengan baik namun oposisi menjadi melemah," kata dia.

Karding menilai merapatnya Golkar ke pemerintah karena partai itu ingin kembali solid dan agar hubungan dengan pemerintah menjadi baik karena eksistensi partai tergantung Kementerian Hukum dan HAM.

Partai Golkar yang dipimpin Ketua Umum hasil Musyawarah Nasional Bali Aburizal Bakrie resmi mendukung pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam penutupan Rapimnas Golkar, Senin (25/1).

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016