Jakarta (ANTARA News) - Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2016 siap digelar kembali di sembilan kota untuk mencari bibit pemain muda berbakat.

"Dengan audisi yang digelar setiap tahun ini, kami ingin api untuk berlatih dan bertanding dari pemain usia dini tetap menyala terus," kata Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin, di Jakarta, Rabu.

Menurut Yoppy, audisi untuk mencari pemain muda sektor tunggal putra dan tunggal putri itu akan dikembali dilaksanakan di sembilan kota setelah kesuksesan audisi tahun lalu. Dari kota-kota yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan audisi, sambutan dan respons para insan bulu tangkis begitu positif.

"Kami ingin menjaga gairah perbulutangkisan nasional dari usia dini sehingga harapan kedepannya bisa memperbaiki prestasi bulu tangkis nasional," tambah Pelatih Kepala PB Djarum.

Mulai tahun lalu, penyelenggaraan Audisi Umum Djarum Bulu Tangkis mengalami perubahan. Kalau sebelumnya sejak pertama digelar tahun 2006 terus menerus selalu berlangsung terpusat di Kudus, Audisi Umum 2015 menyebar di sembilan kota, yakni di Medan (Sumatera Utara), Palembang (Sumatera Selatan), Jember (Jawa Timur), Balikpapan (Kalimantan Timur), Manado (Sulawesi Utara), Makassar (Sulawesi Selatan), Tasikmalaya (Jawa Barat), Purwokerto (Jawa Tengah), Kudus (Jawa Tengah), dan final di Kudus.

Langkah tersebut sebagai upaya menjemput bola dengan menjaring bibit pemain andal langsung dari sumbernya. Selain itu, dari sisi ekonomi hal tersebut juga membantu meringankan biaya peserta.

"Sejak tahun lalu, kami juga memanggil mantan-mantan atlet legenda Indonesia sehingga tim audisi sangat lengkap. Kami ingin di sektor tunggal khususnya tunggal putra pada waktunya melalui PB Djarum ini bisa berjaya kembali," jelas legenda hidup bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata, yang menambahkan bulu tangkis Indonesia sedang mengalami krisis prestasi sektor tunggal.

Minat peserta audisi umum di tahun 2015 mengalami peningkatan, tercatat sebanyak 2.913 peserta yang berasal dari Aceh hingga Papua mengikuti audisi umum, dan meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun sebelumnya, yaitu 1.328 peserta tahun 2014.

Dan dari 33 peserta yang lolos audisi, lebih dari setengah penerima beasiswa (18 orang) berasal dari luar Pulau Jawa.

Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2016 direncanakan mulai digelar pada Maret hingga April nanti. Kota yang bakal menjadi tuan rumah audisi sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, antara lain Palembang (11-14 Maret), Bandung (11-14 Maret), Balikpapan (25-28 Maret), Purwokerto (25-28 Maret), Makassar (8-11 April), Solo (8-11 April), Cirebon (22-25 April), Surabaya (22-25 April), Kudus (30 Agustus-1 September) dan tahap final di Kudus (2-4 September).

"Kami juga akan melihat situasi apakah dari sembilan kota perlu ditambah lagi," ungkap Yoppy.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016