Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) menggelar Kejuaraan Nasional Karate 2016 pada 29-31 Januari 2016, di Gelanggang Olahraga PT Pertamina, Simprug, Jakarta Selatan.

"Kami memiliki komitmen tinggi untuk memajukan prestasi atlet-atlet Indonesia melalui berbagai bentuk kontribusi, termasuk penyelenggaraan Kejurnas Karate Pertamina Open 2016 untuk yang pertama kali," ujar Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto, melalui keterangannya, di Jakarta, Jumat.

Ia mengemukakan sebanyak lebih dari 850 atlet karate, dari 69 perguruan yang tersebar di Indonesia, akan mengikuti kejurnas untuk memperebutkan Piala Bergilir Direktur Utama Pertamina.

Pesta olahraga tersebut, lanjutnya, akan menghadirkan pertandingan pada kategori Perorangan Putra dan Putri, Kata Perorangan Putra dan Putri, dan Kata Beregu Putra dan Putri untuk kelas pemula hingga senior.

Dirut perusahaan pelat merah itu berharap kejuaraan karate yang dihadirkan Badan Pembina Olah Raga (BAPOR) Pertamina itu akan menjadi ajang untuk lebih meningkatkan frekuensi kompetisi para atlet karate, di mana pertandingan adalah "urat nadi" pembentukan prestasi sekaligus dapat menjadi ajang deteksi bibit atlet berbakat.

"Semakin besar volume dan frekuensi kejuaraan yang diikuti oleh para atlet, maka semakin besar peluang untuk menghasilkan atlet berprestasi," tambahnya.

Selain itu, Dwi juga berharap Pertamina Open 2016 dapat menjadi salah satu ajang untuk mengukur keberhasilan pembinaan atlet di daerah dan perguruan karate di bawah naungan Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016