Ini pertahanan negara garis depan."
Tokyo (ANTARA News) - Jepang melipatgandakan jumlah pesawat jet tempur F-15 di pulau selatan Okinawa, dekat dengan kepulauan sengketa di Laut Tiongkok Timur, demikian pernyataan kementerian pertahanan Negeri Matahari Terbit itu, Minggu.

Angkatan Udara Jepang saat ini menempatkan sebanyak 40 pesawat F-15 di pangkalan Naha, Okinawa.

Penambahan itu terjadi ketika Jepang dan Tiongkok sering bertikai mengenai kepemilikan Pulau Senkaku, yang dikuasai Jepang, di Laut Tiongkok Timur.

Jepang mengelola pulau tak berpenghuni tersebut di bawah nama Senkaku, namun Tiongkok juga mengaku kepulauan tersebut milik mereka dengan nama Diaoyu.

Kapal, yang kebanyakan kapal penjaga pantai, dan pesawat Tiongkok terbang mendekati pulau tersebut untuk mempertahankan gugus pulau itu dan menguji tanggapan Jepang.

"Ini pertahanan negara garis depan," kata Wakil Menteri Pertahanan Jepang Kenji Wakamiya, dikutip dari Jiji Press saat upacara Minggu di pangkalan Naha untuk menandai penciptaan unit baru dari jet itu.

Kementerian Pertahanan Jepang memindahkan 20 F-15s dari pangkalan Tsuiki di pulau baratdaya Kyushu ke Naha, ujarnya menambahkan.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016