Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap bencana asap akibat kebakaran lahan di Indonesia diatasi sejak awal mengingat telah mendapat pelajaran dari bencana asap tahun lalu.

"Ini menjadi tugas kita semua apabila terjadi kebakaran hutan di Kalimantan, Sumatera dan sekitarnya itu tentu kesiapsiagaan dan operasinya harus lebih baik dari tahun lalu," kata Kalla, selaku Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), saat membuka Musyawarah Kerja Nasional PMI 2016 di Istana Wapres Jakarta, Minggu malam.

Penanggulangan bencana asap akibat kebakaran lahan diharapkan juga lebih efektif dengan persiapan sejak dini sehingga meminimalkan korban dan dampak buruk terhadap lingkungan.

Dia juga berharap lembaga baru bentukan pemerintah, Badan Restorasi Gambut (BRG), bisa bekerja sama sejak dini dengan PMI untuk menanggulangi bencana asap akibat kebakaran lahan.

"Oleh karena itu, kesiapan daerah dan saling membantu antardaerah lain, khususnya persiapan relawan, tangki air yang cukup, tentu menjadi perhatian dan upaya ita semua," jelas JK.

Mukernas PMI 2016 diselenggarakan di Jakarta selama satu hari dan diikuti 150 perwakilan dari 34 PMI di seluruh Indonesia.


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016