Makassar (ANTARA News) - Pelatih kepala PSM Luciano Leandro mengirimkan rencana program latihan setelah tiba di Makassar, Sulawesi Selatan, demi mengangkat prestasi tim "Juku Eja" di Indonesia Super Competition (ISC) pada April 2016.

"Pelatih kepala sudah mengirimkan proposal kebutuhan latihan untuk dipenuhi manajemen. Peralatan latihan yang dipesan semuanya khusus membentuk fisik pemain," kata Direktur Klub PSM, Sumirlan di Makassar, Senin.

Menurut dia, kebutuhan yang diperlukan akan segera dilengkapi sebelum kedatangan Pelatih Luciano yang direncanakan pada 7 Februari 2016.

Soal program itu, manajemen mengaku mendukung penuh dan berharap program yang dijalankan mantan pemain PSM era 90an itu memang lebih efektif dalam meningkatkan kualitas dan stamina para pemain.

"Manajemen tentu mendukung segala konsep atau program pelatih. Apalagi sejumlah alat alat fitnes memang belum dimiliki," ujarnya.

Sejauh ini, kata Sumirlan, para pemain PSM yang mayoritas pemain muda dan beberapa pemain senior memang hanya melakoni latihan biasa saja. Termasuk melakukan game dalam sesi latihan di Lapangan Karebosi Makassar.

Ini juga dilakukan karena beberapa pemain mengikuti seleksi sebelum memperkuat tim Juku Eja nantinya.

Maka dari itu, lanjut dia, sudah berkomitmen segera memenuhi kebutuhan latihan yang sudah diusulkan oleh Luciano agar, para pemain betul-betul siap saat kompetisi nantinya.

"Dari program yang dikirimkan ke manajemen memang terlihat sudah baik. Apalagi Luciano juga direktur teknik di klub sebelummnya," ujarnya.

Pelatih Kiper PSM Budiman Buswir, mengatakan saat ini seluruh pemain hanya latihan seperti biasa saja. Belum ada program yang dijalankan. Sementara untuk PSM U-21 memang tetap fokus latihan karena ikut turnamen SSL.

Namun demikian, kata dia, untuk fisik para pemain dinilaisudah bagus. Hanya saja beberapa pemain masih harus ditingkatkan supaya lebih maksimal lagi.

"Kalau fisik pemain bagus, pasti permainan bisa maksimal. Kita tentu berharap program latihan nanti berjalan maksimal," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016