AsiaNet 63256

 GUANGZHOU, Tiongkok, 1 Februari 2016 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Pearl River Tower, gedung pintar dan ramah lingkungan yang menjulang tinggi di kaki langit kota Guangzhou, berhasil meraih sertifikasi LEED-CS platinum - nilai LEED tertinggi, sehingga menjadikan gedung ini sebagai magnet bagi banyak perusahaan multinasional yang tengah mencari ruang perkantoran yang inovatif dan ramah lingkungan.

Gedung pencakar langit 71 lantai ini adalah proyek bangunan pertama di Guangzhou yang berhasil memperoleh sertifikasi LEED-CS platinum. Sejauh ini, beberapa perusahaan multinasional terkemuka telah menjadi tenant tetap gedung ini, diantaranya ABB (Tiongkok), Otis (Tiongkok), Carrier, SGD Asia Pacific, Regus, Ford Motor, HBA Design, Alpine Electronics (Tiongkok), Chugai Pharma, PCM (Tiongkok), Jotun Group, CITIC Securities, Shenyin & Wanguo Securities, CNINSURE Inc., China Railway Oil, China Huaneng, dan Ping An Group.

Dicetuskan oleh Dewan Bangunan Hijau AS (USGBC) pada 1998, LEED atau Kepemimpinan di dalam Desain Energi dan Lingkungan, dikenal luas di seluruh dunia sebagai sistem penilaian bangunan ramah lingkungan yang menjadi acuan di dalam perencanaan, desain, konstruksi, operasi, dan pemeliharaan gedung. LEED adalah standar penilaian yang paling sistematis dan berpengaruh untuk mengukur kesinambungan bangunan (building sustainability).

Berhasil memenuhi segala kriteria yang sangat ketat untuk menyabet sertifikasi LEED, Pearl River Tower kini dianggap sebagai gedung pencakar langit pertama di Tiongkok yang benar-benar ramah lingkungan dan dinobatkan sebagai gedung paling ramah lingkungan di Tiongkok.

Terletak di jantung Pearl River New City, Guangzhou, gedung ini menyedot perhatian dunia berkat berbagai konsep ramah lingkungannya yang inovatif, salah satunya adalah konsep konsumsi nol energi. Menjulang setinggi 309 meter dengan total 71 lantai, menara ini mendefinisikan ulang konsep desain arsitektur yang berkesinambungan dengan memadukan berbagai teknologi canggih yang ramah lingkungan dan kemutakhiran perekayasaan konstruksi bangunan. Gedung ini contoh terbaik dari kesempurnaan sinergi antara arsitektur bangunan dan ilmu perekayasaan yang berkesinambungan yang memungkinkan proyek seinovatif seperti Pearl River Tower terwujud nyata.

Gedung ini dilengkapi dengan sejumlah teknologi canggih seperti panel radiant cooling, panel surya, jendela double-glaze, ventilasi udara sesuai permintaan tenant, dan pengendali cahaya matahari yang responsif, yang semuanya diorientasikan untuk wujudkan efisiensi energi gedung ini. Disaat banyak gedung pencakar langit di seluruh dunia yang menggunakan berbagai teknologi untuk wujudkan efisiensi energi secara individual atau sendiri-sendiri, Pearl River Tower adalah gedung pertama di dunia yang menggunakan semua teknologi tersebut secara kolektif. Tak ayal, gedung ini digambarkan sebagai "salah satu menara perkantoran yang paling hemat energi di dunia" oleh Wall Street Journal dan "menara terhijau di dunia oleh" BBC.

Perpaduan holistik antara arsitektur yang berkesinambungan, berbagai solusi perekayasaan yang inovatif, dan konsep bangunan yang unik menjadikan Pearl River Tower sebagai gedung pencakar langit paling inovatif di dunia.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi:
http://www.gd.xinhuanet.com/zt12/zjc/

Sumber: Xinhuanet Guangdong Channel

Tautan Multimedia News Release (MNR):
http://asianet.multimediarelease.com.au/bundles/1c30c8c6-941e-495a-9cff-d696c2a8e139

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016