Jakarta (ANTARA News) - Visinema Pictures, yang membuat film "Surat dari Praha", mensomasi  balik Yusri Fajar, penulis cerpen "Surat dari Praha" yang menuduh mereka menjiplak karyanya.

Sutradara "Surat dari Praha" Angga Dwimas Sasongko mengatakan tuduhan plagiat itu telah mencemarkan nama baik pembuat film serta rekanan lain yang membantu terciptanya film tersebut. 

"Visinema Pictures telah mengirim somasi balik yang belum mendapat respons dari Yusri Fajar," kata Angga di Melawai, Jakarta, Senin. 

Somasi pertama dikirim pada 22 Januari, sementara yang kedua dan dikirim pada 29 Januari 2016 dan telah diterima langsung oleh yang bersangkutan, kata Angga seraya memperlihatkan kertas bukti tanda terima.

Angga mengatakan pihaknya ingin Yusri menggelar konferensi pers untuk menyampaikan permintaan maaf, juga menghapus data dan pemberitaan digital yang telah menyudutkan Visinema Pictures. 

"Kami ingin meluruskan reputasi yang tercemar," kata Angga. 

Yusri sebelumnya mengklaim telah melayangkan somasi ke Visinema Pictures karena perusahaan itu menggunakan ide dan tema besar yang sama dengan cerpen karyanya dalam film yang dibintangi oleh Julie Estelle dan Tyo Pakusadewo.

Namun somasi itu sama sekali tidak ditanggapi oleh Visinema Pictures.  

Angga membantah klaim itu, mengatakan bahwa sama sekali tidak ada somasi resmi yang disampaikan oleh Yusri. Dia juga membeberkan perbedaan isi film dan cerpen "Surat dari Praha".

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016