Jakarta (ANTARA News) - Petinju Indonesia yang pertama kali menyandang predikat juara dunia, Ellyas Pical, siap naik ring tinju lagi pada pertandingan eksebisi sebelum pertandingan resmi antara Daud Yordan melawan Yoshitaka Kato di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (5/2).

Ellyas mengaku siap menunjukkan kemampuannya meski saat ini sudah tidak muda lagi dan berharap tinju Indonesia bangkit lagi untuk memunculkan petinju-petinju potensial.

"Saya siap aja. Ini hanya untuk memberi motivasi dan semangat kepada petinju Indonesia yang bertanding," kata juara dunia IBF kelas bantam junior 1985 pada persiapan pertandingan Daud Yordan melawan Yoshitaka Kato.

Pada pertandingan eksebisi dua ronde ini, Ellyas akan menghadapi mantan petinju Feras Taborat. Keduanya sudah cukup dikenal dan kemampuannya tidak diragukan.

"Saya dulu bermain dengan dia (Feras Taborat). Bahkan dia menjadi sparing partner saya saat saya menjadi juara dunia," kata petinju kidal itu.

Petinju kelahiran Ullath, Saparua, Maluku Tengah itu adalah salah satu petinju terbaik yang dimiliki Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia.

Mantan petinju yang saat ini mengabdi di Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan berusaha memberikan yang terbaik.

"Hanya main-main saja. Keluarga juga mendukung untuk kembali turun ring," kata Ellyas.

Promotor pertandingan dari Mahkota Promotion, Raja Sapta Oktohari mengatakan, pertandingan legenda petinju Indonesia adalah untuk meningkatkan kembali pertinjuan Indonesia.

"Popularitas tinju saat ini memang menurun. Kami berharap dengan kehadiran Ellyas Pical di ring mampu membangkitkan pamor tinju nasional," kata Raja.

Selain Ellyas melawan Feras, pada laga kelas ringan antara Daud Yordan melawan Yoshitaka Kato itu tampil juga partai tambahan petinju nasional maupun dari selebritis.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016