Barcelona (ANTARA News) - Bintang Barcelona Lionel Messi berharap dapat bersua dan "berbuat sesuatu" bagi bocah Aghanistan yang tertangkap kamera sedang menggunakan jersey bermotif garis-garis biru yang terbuat dari plastik tas bekas, kata federasi sepak bola Kabul, Senin.

Bocah berusia lima tahun itu bernama Murtaza Ahmadi. Ia mengidolakan Messi dan mengenakan jersey pemain favoritnya itu meski ia berasal dari keluarga miskin di provinsi Ghazni, dekat Kabul, sebagaimana dikutip dari laman National Sport.

Kakak tertuanya, Homayoun yang kini berusia 15 tahun membuatkan sehelai kostum berwarna garis-garis biru yang terbuat dari plastik. Di kostum bagian belakangnya tertera nama Messi yang ditulis dengan menggunakan spidol. Ia kemudian mengirim foto Murtaza dengan kostum plastiknya itu via Facebook pada pertengahan Januari.

Jorge Messi, ayah dari Messi berkata pada Sabtu, bahwa sang bintang sepak bola asal Argentina itu merasa tersentuh dengan foto itu kemudian mengirim respons lewat media sosial dan "ingin berbuat sesuatu" bagi bocah itu.

Federasi sepak bola Afghanistan ((AFF) menyebut pada Senin, Messi ingin sekali bertemu dengan Murtaza secepat mungkin, meski tanggal atau tempatnya belum ditentukan lebh lanjut.

"Messi telah menjalin komunikasi dengan federasi untuk menggelar pertemuan bersama dengan bocah itu," kata juru bicara AFF, Ali Kazemi kepada AFP.

"Kami sedang berusaha agar Messi bersedia datang ke Aghanistan atau bocah berusia lima tahun itu datang ke Spanyol atau mereka bertemu di negara lainnya."

Kedutaan besar Spanyol di Kabul menyatakan ada kemungkinan pertemuan itu digelar di sebuah negara Eropa.

Ayah Murtaza, seorang petani miskin di distrik Ghazni Jaghori menyebut bahwa ia tidak mampu membelikan replika jersey bagi putranya itu.   

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016