Jakarta (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan pelantikan kepala daerah yang terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2015 akan dilaksanakan pekan depan.

"Sebelum Presiden ke AS sudah dilantik," kata Menteri Tjahjo Kumolo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

Presiden akan berkunjung ke Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri acara AS-ASEAN Summit diperkirakan pada 12-17 Februari 2016.

Dengan begitu, kemungkinan pelantikan akan dilaksanakan pada pekan depan. "Tergantung Presiden, mungkin setelah dari HUT PWI (Hari Pers Nasional). Itu pelantikannya di Istana untuk gubernur," katanya.

Tjahjo menyatakan pelantikan kepala daerah terpilih di Istana Kepresidenan dilakukan agar ada konektivitas dan sinergitas pembangunan antara pusat dan daerah.

Meskipun Undang-Undang (UU) Nomor 8/2015 yang mengatur pemilihan kepala daerah (pilkada) menyebutkan bahwa hanya gubernur yang dilantik Presiden di ibukota negara. Sedangkan, bupati/wali kota dilantik di ibu kota provinsi.

"Bupati, wali kota, karena UU (jadinya) di ibu kota provinsi oleh gubernur atas nama Mendagri, baru setelah dilantik nanti ada pengarahan Presiden," katanya.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016