SYDNEY, 3 Februari 2016 (Antara/PRNewswire-FirstCall) --

Studi klinis analisa subgrup oleh MORE yang melibatkan 606 pasien mengkaji hasil penggunaan mikrosfer resin SIR-Spheres Y-90 terhadap kelompok pasien berusia lanjut (≥70) dan sangat lanjut (≥75 tahun) yang menderita Kanker Kolorektal yang secara dominan bermetastasis ke hati (mCRC)

Sirtex Medical, perusahaan asal Australia, pada hari ini mengumumkan kalau hasil analisis data terkini oleh MORE terhadap 606 pasien mCRC yang diterapi dengan mikrosfer resin SIR-Spheres Y-90 di 11 pusat medis di AS, yang telah dipublikasikan pada akhir tahun lalu di jurnal Clinical Colorectal Cancer, memastikan kalau umur pasien bukanlah halangan terhadap pengobatan menggunakan resin microsphere SIR-Spheres®.

(Logo: http://photos.prnewswire.com/prnh/20150119/724485 )

"Hasil analisis data dari penelitian yang dilakukan MORE memastikan kalau umur tidak menjadi bahan pertimbangan seorang pasien mendapatkan pengobatan menggunakan mikrosfer resin SIR-Spheres® Y-90," ujar penulis utama laporan ini, Dr. Andrew S. Kennedy yang juga adalah direktur riset Radiation Oncology di Sarah Cannon Research Institute. "Mengingat pasien mCRC yang berusia lanjut kerap mendapatkan pengobatan sistemik yang tidak terlalu intens mengatasi tumor hati dengan terapi radiasi internal selektif (SIRT), atau radio embolisasi, dapat memberikan benefit tambahan terhadap kelompok pasien berusia lanjut ini. Kami sangat antusias untuk dapat melanjutkan penelitian kami guna menentukan terapi yang paling efektif untuk pasien-pasien tersebut dan menyempurnakan hasil akhir."

Analisis MORE terbaru membagi populasi pasien sebanyak 606 orang ke dalam dua kelompok, 446 pasien di bawah usia 70 tahun pada saat pengobatan dan 160 pasien berusia 70 tahun atau lebih tua ketika diobati. Tim peneliti juga melakukan analisa data secara terpisah untuk 90 pasien yang berusia sangat lanjut, yaitu berusia 75 tahun atau lebih tua. Umur rata-rata di kelompok yang lebih muda, berusia lanjut, dan berusia sangat lanjut masing-masing adalah 55,9 +/- 9.4 tahun, 77.2 +/- 4.8 tahun, dan 80.2 +/- 3.8 tahun. Tim peneliti menemukan, terlepas dari umur mereka, para pasien cenderung memiliki karakteristik dasar yang sama.

Meskipun demikian, pasien lanjut usia lebih berpotensi (P< 0.001) menderita metatasis hati yang tidak terjadi secara bersamaan dengan tumor primer mereka (tumor metakronus) mereka atau sebelumnya telah menjalani pembedahan untuk tumor primer (P = 0.009) mereka. Pasien berusia lanjut juga cenderung menjalani kemoterapi lebih jarang (P = 0.036) atau belum pernah sama sekali (P < 0.001) dan kemungkinan besar memiliki waktu jedah yang lebih lama antara diagnosis dan radioembolisasi (P = 0.011). Selain itu, pasien berusia lanjut juga berkemungkinan pernah menjalani prosedur radioembolisasi lebih dari sekali.

Tingkat Kelangsungan Hidup Keseluruhan (Overall Survival/OS) secara statistik sama (P = 0.335) antara kelompok pasien berusia lanjut (9,3 bulan) dan kelompok yang berusia lebih muda (9,7 bulan). Selain itu, tidak ada perbedaan yang berkaitan dengan usia untuk tingkatan reaksi simpang apapun (P = 0.433), termasuk reaksi simpang yang lebih serius atau tingkat 3+ (P = 0.482) dalam jangka waktu 90 hari terapi. Perlu dicatat, efek samping gastrointestinal dilaporkan jarang terjadi pada kelompok pasien berusia lanjut dibandingkan kelompok yang berusia lebih muda.

Profil serupa juga dilakukan melaluiuji banding antara kelompok pasien berusia 75 tahun ke atas dan mereka yang lebih muda dari 75 tahun. Median OS masing-masing mencapai 9,3 bulan dibandingkan dengan 9,6 bulan (P = 0.987), dan tidak ada perbedaan berarti baik pada efek samping tingkatan 3+ (P = 0.398) atau efek samping lainnya (P = 0.158) dalam jangka waktu 90 hari terapi.

Tentang mikrosfer resin SIR-Spheres Y-90
Mikrosfer resin SIR-Spheres Y-90 adalah produk medis yang digunakan di dalam prosedur radiologi intervensional yang dikenal sebagai radiasi internal selektif (SIRT), atau radioembolisasi, yang menhantarkan radiasi berdosis tinggi langsung ke tumor hati. Terapi ini melibatkan puluhan juta partikel resin yang dilapisi radioaktif Y-90 - di mana masing-masing diameternya tidak lebih besar dari sehelai rambut manusia. Radiolog intervensional akan menyuntikkan partikel resin ini, atau mikrosfer, ke dalam arteri hepatik dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam arteri femoralis melalui insisi di daerah lipatan paha. Mikrosfer resin SIR-Spheres Y-90 kemudian akan terperangkap dan menetap di pembuluh kapiler yang mengelilingi tumor hati, yang kemudian akan mengantarkan radiasi beta dosis tinggi berjarak pendek (sekitar 2.5 mm; maksimal 11 mm) ke dalam tumor hati, dan menghindari jaringan hati yang sehat. Gravitasi spesifik mikrosfer resin Y-90 yang rendah memungkinkan aliran darah mendistribusikan aktivitas radiasi secara merata ke dalam tumor hati dan sekitarnya.

Penggunan mikrosfer SIR-Spheres telah resmi terdaftar di Australia, AS ( dengan pengesahan dari FDA PMA), Uni Eropa (CE Mark), Argentina (ANMAT), Swiss, Turki, dan beberapa negara di Asia seperti India, Singapura, dan Hong Kong. Selain itu, mikrosfer SIR-Spheres telah dipasok di negara-negara seperti Selandia Baru, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Israel.

Di AS, mikrosfer resin SIR-Spheres Y-90 diindikasikan untuk pengobatan tumor hati metastatis dari kanker kolorektal primer yang tidak dapat ditangani dengan pembedahan (reseksi) dengan kombinasi kemoterapi floxuridine intra-arterihepatic. Mikrosfer resin SIR-Spheres Y-90 juga diindikasikan untuk pengobatan tumor hati yang tidak dapat diatasi melalui pembedahan di Australia, Uni Eropa, Argentina, Brasil, dan beberapa negara di Asia seperti India dan Singapura.

Tentang Sirtex
Sirtex Medical Limited (ASX: SRX) adalah perusahaan global asal Australia yang berfokus pada pengobatan kanker. Produk utama kami adalah terapi radiasi yang ditargetkan untuk kanker hati bernama mikrosfer resin SIR-Spheres Y-90. Kami telah mendistribusikan sekitar 55.000 dosis untuk pengobatan para pasien kanker hati di lebih dari 900 pusat medis di lebih dari 30 negara. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi http://www.sirtex.com

SIR-Spheres® adalah merek dagang terdaftar Sirtex SIR-Spheres Pte Ltd

Tentang Sarah Cannon Research Institute
Sarah Cannon Research Institute adalah unit penelitian dari institut kanker global milik HCA, Sarah Cannon. Berfokus untuk memajukan terapi untuk pasien, organisasi ini adalah salah satu organisasi penelitian klinis terkemuka di dunia yang menyediakan uji klinis berbasis komunitas melalui afiliasi dengan jaringan lebih dari 1000 dokter di seluruh AS dan Inggris. Semenjak didirikan pada tahun 1993, Sarah Cannon telah melakukan sekitar 200 ujiklinis yang pertama diujikan pada manusia dan menjadi pemimpin uji klinis di hampir 80 persen pengobatan kanker yang telah mendapatkan pengesahan dalam 10 tahun terakhir. Selain itu, Sarah Cannon menyediakan layanan manajemen, regulasi, dan dukungan penelitian lainnya untuk pengembangan obat-obatan dan sponsor industri serta situs investigator strategis melalui organisasi penelitian kontraknya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi sarahcannon.com.

Referensi: Kennedy AS, Ball DS, Cohen SJ et al.  Safety and efficacy of radioembolization in elderly (≥ 70 years) and younger patients with unresectable liver-dominant colorectal cancer.Clinical Colorectal Cancer 2015 Nov 2; ePubdoi: 10.1016/j.clcc.2015.09.001.

200-EUA-0116

Sumber: Sirtex Medical Limited

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016