NEW DELHI, 3 Februari 2016 (Antara/PRNewswire) --

 

Pada tanggal 30 Januari 2016, bertempat di New Delhi, India, diselenggarakan dua sesi panel Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg (SPIEF) yang membahas tentang hubungan bilateral antara Rusia dan India: "Fulfilling the Indian-Russian economic promise" dan "BRICS growth agenda: investment hot spots in Russia". Ini adalah kali pertamanya ajang SPIEF digelar di acara KTT Bisnis Global. Di dalam event tersebut, PM India Narendra Modi menyambut kedatangan para anggota delegasi Rusia yang terdiri dari Deputi PM dan Menteri Perekonomian Republik Mordovia Validmir Mazov dan Menteri Pembangunan Ekonomi Republik Bashkortostan Sergey Novikov.

 

Event diskusi panel ini diselenggarakan oleh  Roscongress Foundation dan salah satu grup media terbesar di India, Times of India. Pada sesi panel pertama,  "Fulfilling the Indian-Russian economic promise," difokuskan pada pembahasan berbagai isu terkait peningkatan dan perluasan kerjasama kedua negara di berbagai sektor seperti energi, perawatan kesehatan, IT, dan pelestarian lingkungan. Parapembicara meliputi: Corporate Director Agency  Strategic Initiatives, Marina Korotaeva; Vice-President AFK Sistema, Andrey Terebenin; Vice-President SUN Group, Shiv Vikram Khemka; CEO Tata Power Delhi Distribution Limited, Praveer Sinha; Vice-President  Inspur Technologies India, Verinder Aggarwal; dan Chairperson Institute of Social Sciences, George Matthew. Bertindak sebagai moderator adalah Founder dan Managing Editor Frontier Funds, Gavin Serkin.

 

"Kemitraan kedua negara telah menghasilkan pembangunan yang signifikan di sektor perawatan kesehatan, pendidikan, dan farmasi. Selain itu, kerjasama di sektor pendidikan, khususnya antara universitas-universitas, juga patut ditingkatkan: India harus memiliki pusat-pusat pendidikan dan kebudayaan Rusia," sebut Chairperson Institute of Social Sciences, George Matthew.   

 

Sedangkan, pada sesi diskusi panel selanjutnya, "BRICS growth agenda: investment hot spots in Russia," yang diselenggarakan bersama dengan Agency for Strategic Initiatives (ASI), terdapat presentasi tentang berbagai proyek di Republik Bashkortostan dan Mordovia, kawasan Kostromoa dan Penza, serta kawasan Rusia Timur Jauh.

 

Penasihat Presiden Federasi Rusia dan Sekretaris Eksekutif Komite Penyelenggara Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg, Anton Kobyakov, mengatakan kalau event ini orientasi bisnis. "Event ini membantu mendorong pembangunan ekonomi kedua negara. Banyak prospek dan rencana yang telah dibahas terkait kerjasama bilateral kedua negara, dan saya harap akan dapat segera dieksekusi dalam waktu dekat," Ujar Anton. "Selain itu, pada event ini, kami juga telah menyusun isu apa saja yang akan kami bahas pada pergelaran SPIEF ke-20 yang akan datang. Sejumlah proposal telah diajukan, termasuk yang terkait dengan persiapan Forum selanjutnya."

 

Setelah penyelenggaraan SPIEF di New Delhi, perwakilan dari kedua negara menandatangani Nota Kerjasama antara Konfederasi Industri India (CII), SPIEF, dan Forum Ekonomi Timur (yang diwakili oleh Roscongress Foundation). SPIEF dan CII telah bekerjasama sejak 2012. Penandatanganan Nota Kesepahaman ini diharapkan akan dapat meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan di bidang penyelenggaraan kongres dan pameran berskala internasional.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang SPIEF, silakan kunjungi: http://www.forumspb.com

 

Untuk berita terbaru tentang Forum ini, silakan mendaftar di beberapa laman media sosial Forum ini di:

 

Facebook: http://www.facebook.com/forumspbru, http://www.facebook.com/SPIEF

 

Twitter: http://www.twitter.com/forumspbru, http://www.twitter.com/SPIEF

 

LinkedIn: http://www.linkedin.com/grp/home?gid=2694631

 

YouTube: http://www.youtube.com/user/TheSpbForum

 

Instagram: http://www.instagram.com/forumspbru/

 

Sumber: Roscongress Foundation

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016