Washington (ANTARA News) - Sektor jasa Amerika Serikat pada Januari tumbuh di laju paling lambat sejak Februari 2014, sebuah survei industri menunjukkan pada Rabu, memicu kekhawatiran atas kesehatan ekonomi AS.

Indeks Non Manufaktur (NMI), yang mengukur aktivitas di sektor jasa AS, tercatat 53,5 pada Januari, turun dari 55,8 pada Desember, Institute for Supply Management (ISM) mengatakan dalam survei bulanannya, lapor Xinhua.

Survei NMI mencakup semua sektor di luar manufaktur. Angka di atas 50 persen menunjukkan ekspansi dari sektor jasa, yang menyumbang lebih dari dua pertiga dari ekonomi AS.

Komponen pesanan baru dari indeks, sinyal dari bisnis masa depan, turun 2,4 poin menjadi 56,5. Komponen kerja menurun 4,2 poin dari Desember menjadi 52,1, dan indeks aktivitas bisnis menurun 5,6 poin menjadi 53,9 pada Januari.

Sepuluh industri yang dilacak ISM melaporkan pertumbuhan, sementara delapan industri melaporkan kontraksi pada Januari.

Hasil survei menunjukkan bahwa para responden positif tentang kondisi bisnis, tapi menyatakan kekhawatiran mereka atas kondisi global, volatilitas pasar saham dan dampaknya terhadap kepercayaan konsumen dan komersial.
(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016