Sekarang desain, studi dan percobaannya sudah lengkap. Mudah-mudahan Equator sudah bisa diluncurkan tahun ini,"
Jakarta (ANTARA News) - Sepatu kualitas premium khusus pria dengan merek khas Indonesia bernama "Equator" siap diluncurkan tahun ini dan menggebrak dunia fesyen Tanah Air.

"Sekarang desain, studi dan percobaannya sudah lengkap. Mudah-mudahan Equator sudah bisa diluncurkan tahun ini," kata Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Euis Saedah kepada Antaranews di Jakarta, Kamis.

Euis mengatakan, Equator akan hadir dalam lima varian dengan fungsi berbeda, seperti sepatu santai untuk jalan-jalan dan sepatu resmi untuk acara-acara khusus.

Varian tersebut juga memiliki nama-nama khas Indonesia, seperti sepatu yang kanvasnya berwarna hitam dengan nama Papua, sepatu berwarna dominan Hijau bernama Borneo, di samping Sumatera, Jawa dan Celebes atau nama lain Sulawesi.

Saat ini, lanjut Euis, Kemenperin tengah memcari 20 IKM yang akan ikut berpartisipasi untuk memproduksi Equator, dengan petunjuk teknis yang ditentukan Ditjen IKM.

Harga yang dipatok untuk sepatu, yang merknya ditargetkan mendongkrak dunia ini, berkisar antara Rp3 juta, dengan diskon 70 persen pada awal peluncuran.

Degan harga tersebut, konsumen tidak hanya memdapatkan sepasang sepatu, tapi juga sikat dan pembersih sepatu yang khusus didesain untukerawat Equator.

Menurut Euis, pihaknya sedang mempersiapkan toko khusus untuk penjualan Equator dan produk sejenis buatan asli Indonesia.

"Kami siap meluncurkan di Indonesia, dan berharap bisa dilanjutkan di luar negeri," ungkap Euis.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016