Solo (ANTARA News) - Harga beberapa kebutuhan pokok seperti daging sapi dan cabai merah besar di pasar tradisional di Kota Solo, menjelang Tahun Baru Imlek naik antara Rp3.000 hingga Rp5.000 per kilogram.

Sumiatun (41) salah satu pedagang, di Pasar Kleco Solo, Jumat, mengatakan, kenaikan harga daging sapi di pasar tradisional ini, rata-rata sekitar Rp5.000 per kg, sehingga untuk kualitas super dijual menjadi Rp100 ribu/kg dan kualitas biasa Rp95 ribu/kg.

"Harga daging sapi sepekan sebelumnya masih ditawarkan Rp95 ribu/kg kualitas super kini menjadi Rp100 ribu/kg, sedangkan kualitas biasa Rp90 ribu/kg menjadi Rp95 ribu/kg," katanya.

Menurut dia, penyebab kenaikkan harga daging tersbeut karena dampak harga hewan ternak sapi yang masih mahal, dan kedua kondisi pasar yang masih lesu sehingga banyak pedagang yang menurunkan pasokannya ke pasar.

Namun, kata dia, stok daging di pasar masih mencukupi kebutuhan pasar. Kenaikan harga daging sapi tidak ada pengaruh dengan Tahun Baru Imlek.

Pedagang lain di pasar yang sama, Sugiyarti (45) mengatakan, bahwa kenaikan harga cabai merah besar karena pasokan ke pasar pada musim hujan saat ini, menurun, sehingga persediaan di pedagang cederung berkurang. Namun, kata dia, persediaan cabai merah besar masih mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Sugiyarti menjelaskan, harga cabai merah besar naik dari Rp25 ribu/kg menjadi Rp28 ribu/kg, sedangkan cabai rawit merah tetap stabil Rp18 ribu/kg, rawit hijau Rp12 ribu/kg, bawang merah Rp20 ribu/kg dan bawang putih Rp28 ribu/kg.

Menurut dia, kondisi pasar menjelang Tahun Baru Imlek masih kelihatan sepi tidak seperti saat Lebaran, Natal atau Tahun Baru Nasional yang permintaan cenderung meningkat sekitar 20 hingga 40 persen.

Rahayu (40), pedagang lainnya di Pasar Kleco Solo, mengatakan, bahwa harga daging ayam menjelang Imlek justru turun sejak sepekan ini, dari Rp34 ribu/kg kini menjadi Rp33 ribu/kg. Namun, permintaan pasar bekum kelihatan ada peningkatan.

"Saya setiap hari menyediakan sekitar 100 ekor ayam untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Permintaan pasar stabil sepakan ini," katanya.

Harga beberapa kebutuhan pokok lainnya di Pasar Kleco rata-rata masih stabil, seperti beras masih dijual antara Rp9.500/kg hingga Rp10.500/kg, gula pasir Rp12.000/kg, minyak goreng curah kualitas super Rp15.000/kg kualitas bisa Rp9.500/kg dan telur justru turun dari Rp23.000/kg kini menjadi Rp21.000/kg.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Surakarta, Triyana, pihaknya terus melakukan pemantauan harga beberapa kebutuhan pokok di sejumlah pasat tradisional di Solo setiap hari.

Menurut dia, harga-harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikkan masih dalam taraf wajar. Kondisi ini, sering terjadi saat mendekati hari besar seperti menjelang Lebaran, Natal dan kini menyambut Imlek.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016