Jakarta (ANTARA News) - Joe Alaskey, pengisi suara karakter kartun seperti Bugs Bunny, Daffy Duck dan Tweety, meninggal dunia pada usia 63 tahun.

Alaskey, yang selama ini berjuang melawan kanker, pada akhir 1980an merupakan salah satu penerus pelopor pengisi suara kartun Mel Blanc yang dikenal sebagai "Pria 1000 suara".

Daffy Duck terbukti merupakan salah satu karakter terbaik Alaskey dan pada 2004, aktor kelahiran New York itu meraih Emmy berkat penampilannya di "Duck Dogers" Cartoon Network.

Selain mengisi suara karakter Looney Tune, Alaskey juga menggunakan bakatnya untuk peran lain, seperti mengisi suara Richard Nixon dalam film peraih Oscar "Forrest Gump" dan Jackie Gleason di "King of the World". Baru-baru ini dia menjadi narator dalam serial televisi "Murder Comes to Town".

Mark Evanier, penulis televisi yang mengenal Alaskey, menulis kenangan tentang aktor komik itu di blog, menggambarkannya sebagai pria yang belajar sejak belia sehingga "dia bisa mengalahkan sifat pemalunya dengan menjadi orang lain".

Evanier mengatakan dia sering mengundang Alaskey untuk bergabung dalam panel diskusi dan bekerja bersamanya, dan salah satu tantangan terbesar adalah menentukan suara siapa yang harus dia tiru.

"Salah satu yang paling saya suka adalah ketika dia terdengar seperti Joe Alaskey," tulis Evanier.

"Dia punya banyak suara yang bisa ditiru, tapi suaranya yang paling akan saya rindukan," tulisnya seperti dilansir AFP.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016