Kupang (ANTARA News) - PT. Angkasa Pura I (Persero) telah menyetujui pembukaan rute penerbangan baru yakni dari Kupang, NTT menuju Dili, Ibu Kota Timor Leste, kata Manager Operasional Teknik, Angkasa Pura I Bandara EL Tari Kupang, Indrata.

"Ya beberapa waktu lalu kita sudah sempat membicarakan hal ini, dengan pihak maskapai penerbangan dalam hal ini Sriwijaya Air yang akan membuka rute penerbangan ke sana (Dili) dan mereka setuju," katanya kepada Antara ketika dikonfirmasi soal hal tersebut di Kupang, Jumat.

Ia menjelaskan dalam pembicaraan dengan pihak maskapai penerbangan Sriwijaya Air, maskapai tersebut juga telah menyepakatinya dan kemudian pihaknya berencana untuk membuka rute Yogyakarta-Denpasar-Kupang-Dili pergi-pulang (pp).

Lebih lanjut Indrata mengatakan pembukaan rute baru Kupang-Dili tersebut mengingat banyak warga asal NTT yang sering bepergian ke negara yang pernah masuk menjadi provinsi ke-27 NKRI tersebut.

Disamping itu juga pembukaan dengan rute penerbangan Yogyakarta-Denpasar-Kupang-Dili pp itu, juga dilakukan mengingat banyaknnya pelajar asal Timor Leste yang mengambil kuliah di Yogya.

"Nah kitakan sudah sepakat, tinggal sekarang menunggu konformasi lagi dari pihak Dili untuk membuka jalur penerbangan dari Dili ke Kupang. Kalau sudah fix pembukaan jalur baru akan dilakukan," tuturnya.

Lambatnya tanggapan dari Dili sendiri menurutnya dikarenakan adanya pembatasan penerbangan dari Dili ke Indonesia yang hanya mencapai 14 kali penerbangan.

"Nah kalau ada penerbangan dari Dili-Kupang lagi maka penerbangannya akan bertambah menjadi 21 kali penerbangan," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut pelaksana tugas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT Welly Rahe Rohimone mengatakan pihaknya sangat menyambut baik akan hal tersebut, karena menurutnya tentu akan meningkatkan berkunjungnya wisatawan mancanegara baik yang dari Timor Leste maupun dari Australia.

"Pariwisata kita saat ini terus berbenah, sehingga bisa menarik banyak minat turis-turis mancanegara maupun lokal," ujarnya.

Ia yakin jika pembukaan rute penerbangan yang baru tersebut terlaksana, peningkatan wisatawan ke Kupang dan pulau-pulau sekitar Kupang untuk mengunjungi daerah wisata juga akan semakin banyak.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016