Moskow (ANTARA News) - Maria Sharapova masih berada di jalur untuk dapat mengikuti Olimpiade Rio de Janeiro ketika juara Grand Slam sebanyak lima kali itu pada Jumat masuk dalam tim ganda Rusia untuk pertandingan putaran pertama Piala Fed mereka melawan Belanda di Moskow akhir pekan ini.

Petenis peringkat 31 dunia Ekaterina Makarova akan berhadapan dengan petenis peringkat 106 dunia Kiki Bertens pada pertandingan kategori tunggal pada pertandingan Grup Dunia di lapangan keras di Olympic indoor arena Moskow pada pukul 11.00 GMT pada Sabtu.

Juara Grand Slam dua kali asal Rusia Svetlana Kuznetsova, peringkat 17 dunia, kemudian akan berhadapan dengan petenis peringkat 141 dunia Richel Hogenkamp.

Pada pertandingan kategori tunggal cadangan yang berlangsung Minggu, Kuznetsova akan berhadapan dengan Bertens dan Makarova kemudian akan menghadapi Hogenkamp.

Kapten tim Rusia Anastasia Myskina kemudian mengumumkan bahwa petenis peringkat tertinggi negaranya Sharapova, yang merupakan petenis peringkat enam dunia, akan memainkan pertandingan ganda rubber bersama petenis 18 tahun Darya Kasatkina.

Mereka akan menghadapi pasangan Belanda Aratxa Rus dan Cindy Burger.

Myskina, juara Prancis Terbuka 2004, mengatakan bahwa ia memperkirakan akan terjadi pertarungan berat melawan Belanda.

"Kami telah mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan ini, namun saya memperkirakan lawan akan sangat tangguh pada akhir pekan ini," kata Myskina kepada para pewarta setelah pengundian.

"Belanda tampil sangat baik pada pertandingan-pertandingan terkini mereka di Piala Fed. Mereka berada dalam bentuk yang bagus dan perasaan penuh keberanian. Ini tidak mudah. Namun saya harap kami akan melakukannya dengan cukup baik."

Sharapova, yang diganggu cedera lengan yang dideritanya pada Australia Terbuka bulan lalu, mengatakan dirinya belum akan melepaskan diri dari kewajibannya membela negaranya di Piala Fed.

"Tim kami kuat dan para petenis kami mampu memenangi pertandingan-pertandingan mereka," ucapnya.

"Saya tidak tahu berapa lama lagi saya akan mampu bermain tenis, namun tentu saja saya akan terus bermain untuk negara saya."

Atlet putri terkaya di dunia itu akan tetap berada di jalur untuk tampil di Olimpiade musim panas ini bahkan jika ia tidak bertanding melawan Belanda.

Di bawah peraturan-peraturan kualifikasi, seorang petenis harus dinominasikan tiga kali dalam sikluks Olimpiade untuk dapat tampil pada Olimpiade di Rio pada Agustus.

Sejauh ini, petenis 28 tahun itu telah tampil sebanyak dua pertandingan sejak 2012, tahun ketika ia memenangi medali perak di Olimpiade London.

Federasi Tenis Internasional (ITF), yang mengawasi Piala Fed, mengatakan Sharapova tidak perlu memainkan pertandingan agar dapat memenuhi kriteria Olimpiadenya.

"Regulasi-regulasi kualifikasi ajang tenis Olimpiade memerlukan pemain untuk dinominasikan dalam tim Piala Fed pada saat undian dalam tiga kesempatan," kata juru bicara kepada AFP pada malam dilakukannya undian untuk pertandingan ini.

"Seorang petenis tidak perlu memainkan pertandingan."

Sharapova memenangi keempat pertandingan rubber Piaal Fed saat ia bermain pada 2015, termasuk dua pertandingan kategori tunggal di final, saat Rusia kalah 2-3 dari Republik Ceko. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016