Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengatakan kunci untuk mengatasi persaingan ekonomi global adalah dengan meningkatkan fasilitas infrastruktur di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Sebelum kita berhadapan dengan negara lain, oleh sebab itu, kita ingin fokus menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kemiskinan dan kesenjangan," kata Jokowi dalam sambutan pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB di Balai Sidang Jakarta (JCC) pada Jumat malam.

Menurut Presiden, guna menyelesaikan persoalan tersebut maka pemerintah berkeputusan untuk membangun infrastruktur guna menciptakan biaya transportasi dan logistik yang lebih murah di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan demikian, jelas Jokowi, hal itu dapat menurunkan harga seluruh produk yang didistribusikan di Indonesia.

Selain itu, arus barang lokal juga menjadi lebih lancar dan bahkan dapat memasuki pasar di luar negeri, khususnya wilayah Asia Tenggara.

"Karena memang tidak ada jalan lain. Ini yang kita siapkan sebagai pondasi. Sebagian sudah dimulai seperti jalan tol Lampung-Palembang," kata Jokowi.

Presiden juga mengatakan pembangunan infrastruktur juga dilakukan di wilayah lain antara lain pelabuhan besar di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, serta jalan kereta api di Pulau Papua dan Kalimantan.

Jokowi mengatakan dirinya dan para menteri akan terus melakukan pantauan langsung kepada sejumlah pembangunan proyek infrastruktur untuk memeriksa progres pembangunan.

"Karena itulah kebutuhan dalam rangka kita bersaing dengan negara-negara lain. Tugas saya bukan ground breaking tapi kontrol semua pekerjaan di lapangan," tegas Presiden. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016