Jakarta (ANTARA News) - Celoteh Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar (Cak Imin) saat memberikan pidato politik di pembukaan Musyawarah Kerja Nasional Partai Kebangkitan Bangsa, Jumat (5/2) malam mengundang senyum dan tawa para tamu undangan.

Dengan gaya bahasa yang "ceplas-ceplos" khas politikus PKB , Cak Imin berkali-kali melontarkan canda terhadap menteri dan petinggi partai politik yang hadir.

"Terima kasih pak Luhut (Menkopolhukam) sudah hadir. Kalau tidak hadir saya laporkan Gus Dur juga nih, karena beliau sahabat baik Gus Dur," seloroh Cak Imin dalam pidato politiknya di Mukernas PKB, di JCC, Jakarta, Jumat (5/2) malam, yang disambut tawa tamu undangan.

Seusai Luhut, Cak Imin juga melontarkan canda terhadap Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang disebutnya sebagai idola para anggota DPRD dari Partai PKB.

"Pak Tjahjo itu favoritnya anggota DPRD. Pokoknya pak Tjahjo datang, DPRD berbinar," kata dia.

Cak Imin menyiratkan, gara-gara Mendagri urung menyetujui kenaikan gaji anggota DPRD, kini DPRD menjadi orang paling menderita.

"Kalau boleh jujur, pertanyaan terbesar siapa yang menderita sekarang, ya DPRD. Ke mana-mana dikira duitnya banyak, padahal ongkosnya cekak, makanya pak Tjahjo jangan lah dibikin menderita DPRD ini," ujar Cak Imin.

Selanjutnya, setelah dua menteri Kabinet Kerja, giliran Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang menjadi pusat perhatian, lantaran Cak Imin menitipkan salam untuk Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto melalui Muzani.

"Pak Muzani ini sahabat saya di Komisi I DPR. Salam ya untuk pak Prabowo, ayo lah kita bareng-bareng lagi," ujar Cak Imin.

Tidak ketinggalan pula canda dilontarkan kepada Ketua Fraksi Partai Demokrat yang juga merupakan anak Presiden RI ke enam Susilo Bambang Yudhoyono, yakni Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Kata Cak Imin, Ibas lah yang berjasa menggerus perolehan suara anggota legislatif PKB di dapil Pacitan.

"Selamat malam mas Ibas, anak bos saya dulu (Presiden SBY) yang luar biasa. Bolak-balik masuk DPR terus, suara PKB digerus mas Ibas di Pacitan, PKB nggak kebagian nih," kata dia.

Pembukaan Mukernas PKB di JCC, Jakarta, Jumat malam dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla dan menteri Kabinet Kerja.

Sejumlah tokoh politik yang hadir antara lain Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Umum Hanura Wiranto.

Selain itu hadir pula Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan, Ketua Harian Demokrat Syarif Hasan, Ketua Komisi Pemenangan Pemilu Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Ketua Umum PPP Djan Faridz, Sekjen PPP Dimyati Natakusumah, politikus PPP Romahurmuziy, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Umum Golkar Agung Laksono dan lainnya.

Sedangkan pimpinan lembaga yang hadir antara lain seperti Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Ade Komarudin, Ketua DPD Irman Gusman dan Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie.

Pada Sabtu hari ini Mukernas PKB akan membahas sinergi program kementerian dengan pemerintah daerah dengan mengundang sejumlah menteri Kabinet Kerja, serta membahas isu-isu internal kepartaian

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016