Jakarta (ANTARA News) - Everton sukses mengalahkan Stoke City dengan skor 3-0 pada Liga Utama Inggris pekan ke-25 di Britannia Stadium, Stoke, Sabtu.

Kemenangan ini mengantar Everton naik empat tingkat ke peringkat tujuh klasemen sementara dengan perolehan 35 poin sementara Stoke City turun satu tingkat ke peringkat 11 dengan 33 poin.

Eksekusi penalti Romelu Lukaku membuka keunggulan Everton 1-0 menyusul pelanggaran kiper Stoke, Jack Butland, yang menjatuhkan Tom Cleverley pada menit 11.

Seamus Coleman menambah keunggulan Everton 2-0 lewat sundulannya saat menyongsong umpan sepak pojok yang dilepaskan Tom Cleverley pada menit 28.

Aaron Lennon mengubah skor menjadi 3-0 setelah merebut bola dari bek Stoke, Wollscheid, kemudian melewati kawalan Muniesa untuk berhadapan langsung dengan Jack Butland yang tidak mampu membaca tendangan Lennon.

Pada awal  babak kedua, Stoke melakukan pergantian taktik dengan memasukan Ireland dan Odemwingie untuk menggantikan Affelay dan Shaqiri yang minim menciptakan peluang pada babak pertama.

Joselu yang dimasukan pada pertangahan babak kedua untuk menggantikan Arnautovic memiliki peluang pada menit 86 namun sepakan kerasnya melebar.

Tandukan Diouf pada menit 90 juga tidak mampu menembus gawang Everton sehingga kedudukan 3-0 untuk kemenangan Everton bertahan hingga laga usai, demikian Skysports.

Susunan pemain kedua tim:

Stoke (4-2-3-1)
: Butland, Johnson, Wollscheid, Muniesa, Pieters, Imbula, Whelan, Shaqiri, Afellay, Arnautovic, Diouf

Everton (4-2-3-1): Joel, Coleman, Jagielka, Funes Mori, Oviedo, McCarthy, Barry, Lennon, Barkley, Cleverley, Lukaku

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016