Berlin (ANTARA News) - Xabi Alonso diusir keluar lapangan pada Sabtu ketika Bayern Munich ditahan imbang tanpa gol oleh tuan rumah Bayer Leverkusen pada pekan yang berat bagi pemuncak klasemen Liga Jerman.

Gelandang Spanyol Alonso mendapat kartu merah setelah menerima dua kartu kuning dalam rentang waktu yang singkat di BayArena.

Setelah melanggar pemain junior internasional Jerman Julian brandt pada babak kedua, "tactical foul" yang dilakukannya terhadap bintang Leverkusen Javi Hernandez membuat Alonso diusir kelaur lapangan.

Ini merupakan kelima kalinya Alonso, yang pernah memperkuat Liverpool dan Real Madrid, diusir wasit sepanjang karirnya di level klub dan kartu merah pertamanya di Jerman.

Hasil ini membuat Bayern unggul delapan angka atas tim peringkat kedua Borussia Dortmund pada akhir pekan yang ingin dilupakan oleh sang raksasa Bavaria.

Setelah pengumuman Senin bahwa Pep Guardiola akan melatih Manchester City, Bayern menepis dugaan-dugaan mengenai gelandang Arturo Vidal yang dikabarkan berulang kali mabuk pada pemusatan latihan bulan lalu di Doha.

Baik klub maupun sang pemain mengatakan mereka akan menuntut majalah Sport Bild perihal klaim itu.

Vidal dimainkan sejak awal saat melawan Leverkusen, ketika Guardiola kembali memainkan pola tiga bek setelah sejumlah cedera membuat dirinya hanya memiliki satu bek tengah yang bugar dalam diri Holger Badstuber.

Meski mencetak 19 gol dari 19 pertandingan liga musim ini, penyerang Bayern Robert Lewandowski gagal untuk mengonversi kedua tembakannya untuk menjadi gol.

Leverkusen membatasi Bayern untuk hanya melepaskan sembilan tembakan berbanding enam tembakan yang dilepaskan tuan rumah.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Pierre-Emerick Aubameyang, pencetak gol terbanyak Liga Jerman, juga gagal mencetak gol saaat Dortmund bermain imbang 0-0 di markas Hertha Berlin, pada pertandingan yang disaksikan oleh Jose Mourinho.

Aubameyang, yang telah membukukan 20 gol di liga, tidak menonjol di Berlin, di mana ia hanya melakukan 11 sentuhan saat bermain selama 71 menit.

Penyerang Gabon itu -- yang terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika -- kemudian ditarik keluar oleh pelatih Dortmund Thomas Tuchel.

Ini merupakan keenam kalinya pada musim ini di mana Aubameyang gagal mencetak satu gol di ajang Liga Jerman.

Dengan hasil ini, tim peringkat kedua Dortmund masih unggul sepuluh angka dari Hertha.

Kurang dari dua pekan sebelum pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions di markas Ghent, Wolfsburg menelan kekalahan 0-3 di markas Schalke sehingga mereka masih tanpa kemenangan dari lima pertandingan terakhirnya.

Wolves yang diarsiteki Dieter Hecking hanya memiliki sedikit jawaban ketika Klaas-Jan Huntelaar, Johannes Geis, dan rekrutan baru Alessandro Schoepf mencetak gol untuk Schalke.

Hasil ini mendorong "The Royal Blues" naik ke peringkat keempat ketika Wolfsburg turun ke peringkat kedelapan.

Stuttgart kini menghuni peringkat ke-11, unggul lima angka dari tiga tim terbawah, melalui kemenangan keempat mereka secara beruntun di liga yakni kemenangan 4-2 di markas Eintracht Frankfurt ketika kedua tim harus menyelesaikan pertandingan yang barlangsung sengit itu dengan sepuluh pemain.

Stuttgart melaju untuk unggul 2-0 ketika Christian Gentner, kemudian Daniel Didavi mencetak gol untuk tim tamu, namun Didavi kemudian harus menerima kartu merah setelah mendapatkan kartu kuning keduanya pada menit ke-67.

Kapten Frankfurt Alex Meier memperkecil ketertinggalan timnya menjadi 2-1 saat pertandingan tinggal menyisakan 40 menit, sebelum Stuttgart menjauh melalui gol-gol dari bek Geirg Niedermeier dan Filip Kostic.

Bek Eintracht Carlos Zambrano juga mendapat kartu merah setelah menerima kartu kuning keduanya 15 menit sebelum pertandingan usai.

Pemain Frankfurt Szabolcs Huszti kemudian mengubah skor menjadi 4-2 dengan golnya pada menit ke-90.

Hanover 96 tetap berada di dasar klasemen setelah mereka kalah 0-1 dari tamunya Mainz, ketika gelandang asal Spanyol Jairo mencetak gol penentu kemenangan pada babak pertama.

Ingolstadt memenangi "derby" Bavaria dengan keemnangan 2-1 atas tamunya Augsburg berkat gol penalti Moritz Hartmann lima menit sebelum pertandingan usai.

Pada Jumat, Borussia Moenchengladbach kembali ke jalur kemenangan dengan kemenangan 5-1 atas tim papan bawah Werder Bremen, ketika bek remaja asal Denmark Andreas Christenchen, yang dipinjam dari Chelsea, membukukan dua gol, demikian AFP melaporkan.

(H-RF)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016