Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, mencatat sebanyak 17.649 rumah warga di 15 kecamatan endemis demam berdarah dengue (DBD) di kabupaten setempat, belum bebas jentik nyamuk.

"Dari pemeriksaan 93.388 rumah warga, tercatat 17.649 rumah positif terdapat jentik nyamuk dan 75.739 rumah dinyatakan bebas jentik nyamuk," kata salah satu pejabat di dinas itu, Wiwik Yuliati, di Probolinggo, Minggu.

Beberapa kecamatan endemis DBD di antaranya Kecamatan Paiton, Kraksaan, Pajarakan, Maron, dan Kotaanyar. Selama Januari 2016 tercatat jumlah kasus DBD di Probolinggo sebanyak 63 kasus dan satu orang meninggal dunia.

Apabila di sekitar rumah ada genangan air dan jentik nyamuk, lanjut dia, maka harus diterapkan pemberantasan sarang nyamuk untuk memutus rantai perkembangbiakan nyamuk Aedes aegyptii.

"PSN bisa dilakukan melalui pemantauan jentik nyamuk dan aksi 3 M yakni menguras, menutup dan mengubur barang bekas yang menyebabkan berkembangnya jentik nyamuk," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016