Sungai Raya, Kalimantan Barat (ANTARA News - Kepala Dinas Teknis PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio di Pontianak, Zulbrito, mengatakan, menjelang pelaksanaan Imlek, jumlah pemakai jasa penerbangan alias penumpang meningkat menjelang Imlek kali ini. 

Bahkan ada maskapai penerbangan perlu menambah frekuensi penerbangan.

"Untuk penerbangan yang ada di Bandara Supadio saat ini sudah penuh, kemungkinan ini masih akan terjadi sampai besok. Ada satu maskapai mengadakan penerbangan ekstra tadi malam, yaitu Sriwijaya Air, namun untuk yang lain masih belum mengajukan," kata Zulbrito, di Sungai Raya, Minggu.

Meski mengatakan penerbangan penuh, namun dia belum bisa memastikan berapa jumlah penumpang yang ada sampai hari ini.

"Kita belum melakukan rekap data dari setiap maskapai, namun diperkirakan jumlahnya melebihi 10.000 orang per hari," tuturnya.

Dia menambahkan, sampai 4 Februari lalu, jumlah keseluruhan pemakai jasa penerbangan 9.364 orang per hari, dirinci untuk kedatangan sebesar 5.677 dan keberangkatan sebesar 3.687 orang.

Menurutnya, peningkatan angka pemakai jasa penerbangan bandara pada saat Imlek ini masih belum melebihi angka penumpang pada saat Natal dan Tahun baru kemarin, dimana aktivitas penerbangan di bandara Supadio mencapai 12.000 orang lebih dalam satu hari.

"Namun, kita belum tahu pada saat Cap Go Meh nanti, karena selain masyarakat Indonesia yang datang, tahun-tahun sebelumnya masyarakat dari luar juga banyak yang datang ke sini," katanya.

Untuk memperlancar pelayanan di bandara, PT Angkasa Pura II selalu membuka pos pelayanan di antara pintu kedatangan dan keberangkatan pemakai jasa penerbangan. 

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016