New York (ANTARA News) - Penyanyi dan penulis lagu Amerika Dan Hicks, yang bauran musik folk, jazz, pop, country dan blues-nya menuai pujian selama 40 tahun lebih karirnya, meninggal dunia pada usia 74 tahun menurut sang istri pada Minggu (7/2).

CT Hicks menulis satu pesan di laman sang suami, mengonfirmasi bahwa suaminya meninggal dunia di Mill Valley, California, Sabtu (6/2), setelah dua tahun memerangi kanker tenggorokan dan lever.

"Dia sungguh setia, satu-satunya, dan selalu melakukannya dengan caranya sendiri," tulis dia seperti dikutip kantor berita Reuters.

"Bagi semua yang mencintai dia, ketahuilah bahwa dia akan hidup selamanya dalam kata-kata, lagu dan seni yang dia ciptakan sepanjang hidupnya."

Tahun 1960an, Hicks membentuk band Dan Hicks and the Hot Licks. Band yang menghasilkan hit seperti "I Scare Myself" itu mendapat pujian untuk suara eklektik yang diambil dari beberapa genre musik.

Album terakhir band yang berjudul "Last Train to Hicksville" membuat foto Hicks menghiasi sampul majalah Rolling Stone tahun 1973 kendati grup itu pecah saat berada di puncak popularitas.

Musisi yang lahir di Arkansas tahun 1941 itu selanjutnya lama bersolo karir.

Dia dikenal biasa menggunakan humor, baik dalam lirik lagu seperti "How Can I Miss You When You Won't Go Away" yang termasuk salah satu hit terbesarnya, maupun di atas panggung.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016