Batam (ANTARA News) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam kembali dibuka untuk penerbangan usai tutup sejak Minggu (7/2) sore akibat kerusakan pada VOR dan ILS yang menyebabkan sejumlah jadwal dibatalkan mendadak.

"Alhamdulillah pagi ini Lion Air, Citilik dari Jakarta sudah mendarat disusul Garuda Indonesia," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso, Senin pagi.

Suwarso mengatakan, usai perbaikan pada VOR dan ILS sekitar Pukul 06.30 WIB bandara sudah kembali dibuka untuk penerbangan setelah tutup sejak Minggu sekitar pukul 18.00 WIB.

"Tadi pesawat Lion Air tujuan Palembang Sumatera Selatan sudah terbang Pukul 07.25 WIB. Sekarang Lion Air juga sudah siap terbang ke pangkal Pinang," kata dia.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam dinyatakan tutup akibat kerusakan VOR dan ILS pada Minggu sekitar pukul 18.00 WIB dimana masih ada lima penerbangan dari Batam dan delapan tujuan Batam yang tidak bisa dilayani.

VOR singkatan dari Very High Frequency (VHF) Omnidirectional Radio Range, merupakan salah satu sistem navigasi yang menggunakan gelombang radio dan digunakan oleh pesawat terbang.

Sementara ILS (Instrument Landing System) merupakan sistem pemandu pendaratan pesawat pada bandara.

Akibatnya, banyak calon penumpang yang kecewa dan sempat marah-marah saat tengah berada diterminal keberangkatan dan loket layanan tiket sejumlah maskapai di Hang Nadim.

"Tim sejak kejadian terus melakukan perbaikan. Seperti perkiraan awal, pagi ini Hang Nadim Batam sudah bisa kembai dibuka untuk penerbangan seperti biasa," kata Suwarso.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam termasuk salah satu bandara yang padat di wilayah Indonesia bagian barat. Bandara ini sebagai penghubung (hub) maskapai Lion Air, Citilink, Wings Air.

Setiap hari setidaknya melayani 120 kali penerbangan dengan jumlah penumpang diatas 14.500 orang baik yang berangkat maupun yang tiba.

Pewarta: Larno
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016