Terselenggaranya peringatan HPN 2016 di Nusa Tenggara Barat ini dengan hadirnya DPD membawa pesan kuat pentingnya kemitraan strategis dalam rangka percepatan pembangunan daerah,"
Mataram (ANTARA News) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Farouk Muhammad mengatakan penyelenggaran Hari Pers Nasional 2016 merupakan momentum untuk menciptakan kemitraan strategis percepatan pembangunan daerah.

"Terselenggaranya peringatan HPN 2016 di Nusa Tenggara Barat ini dengan hadirnya DPD membawa pesan kuat pentingnya kemitraan strategis dalam rangka percepatan pembangunan daerah," katanya dalam keterangan tertulis di Mataram, Senin.

Dia mengatakan setidaknya ada tiga peran strategis media yang kaitannya dengan daerah, pertama, insan media dapat lebih aktif menyuarakan aspirasi daerah dalam kaitannya dengan dukungan pemerintah pusat.

Hal itu menurut dia sekaligus menjadi masukan bagi DPD untuk memperjuangkan aspirasi itu kepada pusat.

"Kedua, insan media dapat lebih gencar mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi daerah sehingga mampu mengundang wisatawan dan investor luar," ujarnya.

Ketiga menurut dia, media melalui perannya diharapkan mengingatkan jajaran Pemerintah daerah (pemda) bahwa DPD adalah wakil mereka di pusat.

Karena itu menurut dia, mereka semestinya berkolaborasi dengan DPD dalam memperjuangkan aspirasi dan program-program pembangunan daerah.

"Selama ini ada kecenderungan kolaborasi demikian belum terwujud sebagaimana mestinya sehingga anggota DPD lebih banyak menampung dan menyuarakan aspirasi masyarakat yang belum tentu sejalan dengan program pemda," katanya.

Farouk mengatakan, berdasarkan hal itu, DPD ingin bergandengan tangan dengan media, menjadikan insan media sebagai mitra kerja strategis dalam mempercepat kemajuan daerah.

Menurut dia, melalui kolaborasi dan optimalisasi peran DPD, Media, dan Pemda sebagai komponen strategis pembangunan daerah, menjadi penting dalam rangka memajukan dan mensejahterakan rakyat Indonesia.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016