PDIP tidak menoleransi sedikitpun terhadap kader-kader partai yang korupsi, mereka akan langsung kami pecat,"
Semarang (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengingatkan seluruh kader PDIP agar tidak melakukan tindak pidana korupsi.

"PDIP tidak menoleransi sedikitpun terhadap kader-kader partai yang korupsi, mereka akan langsung kami pecat," tegasnya di Semarang, Senin.

Peringatan tersebut disampaikan Hasto usai membuka Rapat Kerja Daerah Diperluas DPD PDIP Jawa Tengah dengan tema "Mewujudkan Trisakti Melalui Pembangunan Nasional Semesta Berencana Untuk Indonesia Raya".

Terkait dengan upaya penegakan disiplin partai, Hasto menjelaskan bahwa PDIP terus berupaya memerangi korupsi dan secara organisasi menumbuhkembangkan kesadaran untuk melawan segala bentuk korupsi.

Menurut dia, pemecatan dari partai terhadap sejumlah kader yang melakukan korupsi menjadi sebuah sistem peringatan pada struktur kepartaian.

"(Kepada seluruh kader) kami selalu ingatkan bagaimana wajah kekuasaan yang membangun peradaban, bukan wajah kekuasaan yang menyalahgunakan kekuasaan untuk memperkaya diri sendiri," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hasto mengungkapkan bahwa pada setiap pelaksanaan pemilihan kepala daerah, PDIP tidak akan pernah mencalonkan seorang kandidat yang ditetapkan sebagai tersangka oleh aparat penegak hukum pada sebuah kasus.

"Seseorang yang berstatus tersangka atau mempunyai persoalan hukum tidak akan kami calonkan pada tiap pilkada," katanya.

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016