Sorong (ANTARA News) - Masyarakat Tionghoa yang beragama Buddha di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, mengapresiasi kerukunan umat beragama di daerah itu.

"Toleransi beragama di Kota Sorong sangat baik dan patut dicontoh oleh daerah lain di Indonesia," kata keturunan Tionghoa yang menjabat Sekretaris Majelis Buddhayana Indonesia Kota Sorong, Dekky di Sorong, Senin.

Dia mengatakan, salah satu contoh di Kota Sorong Vihara tempat ibadah masyarakat Tionghoa yang beragama Buddha berdekatan dengan Gereja namun puluhan tahun tidak pernah ada masalah kerukunan terjalin baik.

Selain itu, kata Dekky, masyarakat di Kota Sorong juga sangat menghargai perayaan hari besar keagamaan.

"Masyarakat Tionghoa yang beragama Buddha di Kota Sorong menjalankan ibadah perayaan tahun baru Imlek 2567 tahun 2016 dengan lancar dan aman atas dukungan semua pihak," katanya.

Ia berharap agar kerukunan umat beragama di Kota Sorong yang terjalin baik ini, terus dipertahankan turun-temurun.

Dikatakan, tahun ini adalah tahun monyet api dan sesuai kepercayaan orang Tionghoa tahun ini pertumbuhan perekonomian sangat baik.

Oleh karena itu, masyarakat Tionghoa yang beragama Buddha berdoa agar tahun ini pertumbuhan perekonomian Indonesia terlebih khusus Kota Sorong meningkat.

Pewarta: Ernes B. Kakisina
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016