Solo (ANTARA News) - Aneka macam jenang dari berbagai daerah akan tersaji selama Festival Jenang Solo, yang berlangsung 14-17 Februari di kawasan Ngarsapura.

Ketua Festival Jenang Solo Mayor Haristanto pada Selasa mengatakan panitia mengawali kegiatan festival jenang tahun ini dengan membagikan 1.000 takir jenang kepada warga saat hari bebas kendaraan bermotor Minggu (7/2) di Jalan Slamet Riyadi.

"Kami menyediakan berbagai macam jenang seperti jenang ketan, jenang mutiara dan sebagainya," katanya.

Pembagian jenang itu, menurut dia, dilakukan untuk menyosialisasikan penyelenggaraan festival jenang dalam rangkaian acara menyambut ulang tahun ke-271 Kota Solo.

Ia menjelaskan pula bahwa tema Festival Jenang Solo 2016 adalah Ragam Jenang Nusantara, yang dimaksudkan untuk menggambarkan keragaman jenang dan makanan tradisional Nusantara.

"Jadi melalui kegiatan tersebut kami ingin mengenalkan berbagai ragam jenang di Indonesia, termasuk dari Papua atau Kalimantan Barat," katanya.

Ia menambahkan, pada puncak festival panitia akan membagikan sekitar 2.000 takir jenang kepada warga yang menyaksikan festival.


Pewarta: Joko Widodo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016