Cirebon (ANTARA News) - Revitalisasi Pelabuhan Cirebon di Jawa Barat akan meliputi pengintegrasian pelabuhan dengan jalur kereta api untuk mempermudah pengangkutan atau lalu lintas barang.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cirebon (KSOP) Rivolindo di Cirebon, Selasa, dalam sosialisasi finalisasi Rencana Induk Pelabuhan (RIP), mengatakan pihaknya bekerja sama dengan PT KAI untuk membuat jalur yang terintegrasi dengan pelabuhan dan itu sudah mendapatkan respons positif.

Menurut dia, jalur tersebut akan menghubungkan antara stasiun barang yang berada di Cangkring dan dari pihak KA berencana akan membebaskan tanah pada tahun ini untuk jalur tersebut.

"Pihak kereta api sangat mendukung dengan rencana tersebut dan kami sudah bertemu dan membahasnya," tuturnya.

Sementara itu dari beberapa unsur yang mengikuti sosialisasi tersebut semua mendukung dan berharap banyak pada revitalisasi pelabuhan.

Ada beberapa perwakilan yang mengikuti acara sosialisasi itu, di antaranya dari pihak Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan pengusaha dan masyarakat.

"Kami menyambut baik rencana revitalisasi pelanuhan Cirebon, yang nantinya akan terintegrasi dengan kereta api," kata Sekretaris Daerah Kota Cirebon Asep Dedi.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016