Paris (ANTARA News) - Asosiasi Klub Eropa (ECA) menegaskan pada Selasa bahwa memperbesar jumlah peserta Piala Dunia dari 32 menjadi 40 tim akan memberikan lebih banyak beban kepada klub-klub dan beresiko membuat para pemain sangat kelelahan.

"Kami puas dengan keseimbangan kepentingan dan perubahan apakah akan perlu ditinjau dengan sangat hati-hati," tegas wakil presiden ECA Umberto Gandini.

Direktur AC Milan itu berbicara pada akhir sesi kerja dua hari di Paris dengan subyek-subyek kepada agenda grup lobi klub, di mana para petingginya bertekad menentang reformasi FIFA untuk Piala Dunia.

ECA mengatakan "beban para pemain menjadi terlalu banyak" dan menyebut bahwa proposal baru kandidat presiden FIFA Gianni Infantino sebagai memicu kelelahan fisik yang berlebihan.

"Klub-klub menyadari pentingnya tim nasional untuk federasi, namun kami memiliki tanggung jawab terhadap para pemain," papar Gandini.

Gandini mengungkapkan bahwa Infantino telah mempresentasikan manifestonya kepada mereka pada Selasa, dan pria asal Swiss itu berniat memperbanyak jumlah peserta Piala Dunia menjadi 40 tim pada 2026 jika terpilih.

"Kami belakangan ini hanya menyetujui kalender internasional yang baru sampai 2022, maka kami akan kecewa jika mereka berusaha dan memaksakan perubahan," tambah Gandini.

"Namun kami mendoakan Gianni, ia layak mendapatkan yang terbaik dan FIFA layak mendapatkan yang terbaik."

"Kami memahami ia perlu untuk menarik suara-suara dari seluruh dunia saat ini, namun pada titik ini kami tidak dapat mendukung dirinya."

"Kami memiliki hubungan yang baik dengan dia di UEFA dan ia selalu berada di sisi kami, maka meski kami tidak dapat menyokong satu kandidat untuk pemilihan karena kami tidak memiliki suara, kami mendoakan yang terbaik untuknya dan tidak sabar untuk bekerja dengan dia atau siapapun yang terpilih," kata Gandini.

ECA dibentuk pada 2008 dan memiliki 2.220 anggota dari 53 asosiasi, dan mereka mencatatkan kesuksesan dalam negosiasi untuk biaya kompensasi sebesar 150 juta euro untuk tim-tim yang para pemainnya terpilh untuk tampil di Piala Eropa 2016.

Uang itu akan dibayarkan sekitar 5.00 euro per pemain per hari, dimulai dua pekan sebelum turnamen dimulai dan berlangsung sampai hari tereliminasinya mereka.

Jean-Michel Aulas, yang merupakan presiden Lyon dan pernah menjadi pemimpin grup pendahulu di G14 menjelaskan bahwa semua tim yang memiliki pemain-pemain yang berpartisipasi pada kualifikasi Piala Eropa 2016, akan mendapatkan sekitar 4.000 euro per pemain per pertandingan yang dimainkan. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016