Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio menilai bahwa kinerja positif indeks harga saham gabungan (IHSG) di sepanjang tahun 2016 ini menandakan prospek ekonomi domestik membaik.

"Kinerja IHSG lebih disebabkan prospek ekonomi yang bagus. Naik-turunnya IHSG itu mendahului naik-turunnya perekonomian. Kinerja IHSG yang positif maka prospek ekonomi kita baik," ujar Tito di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan data BEI per 10 Februari 2016, tercatat IHSG telah menguat 3,04 persen menjadi 4.372,48 (year to date). Penguatan indeks BEI itu merupakan tertinggi di seluruh dunia dibandingkan indeks bursa-bursa di negara lain.

Tito Sulistio mengemukakan berdasarkan valuasi rata-rata "price earning ratio" (PER) IHSG saat ini juga terbilang rendah yakni sebesar 13 kali. Artinya secara valuasi, PER tersebut masih di kisaran wajar, belum bisa dikatakan mahal.

"Menurut saya valuasi indeks BEI saat ini pada posisi yang bagus," ucapnya.

Tito Sulistio menambahkan bahwa perusahaan tercatat di BEI atau emiten juga masih membukukan hasl kinerja yang positif meski kondisi ekonomi pada tahun 2015 lalu cenderung melambat.

Selain itu, ia mengatakan bahwa produk derivatif Kontrak Berjangka Indeks Efek LQ-45 (LQ-45 futures) yang telah resmi direaktivasi leh BEI juga dapat menjadi tambahan alternatif investasi bagi pemodal di pasar modal.

"Produk baru seperti LQ-45 futures dapat dijadikan sarana lindung nilai (hedging) sehingga akan membuat investor merasa nyaman berinvestasi," katanya.

Di sisi lain, lanjut Tito Sulistio, adanya potensi penurunan kembali tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI rate) menambah harapan bagi industri pasar modal domestik untuk melanjutkan kinerja positif.

"Akumulasi sentimen-sentimen yang baik itu membuat bursa saham kita kuat," ucapnya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016