Sorong (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo akan meresmikan terminal baru Bandara Domine Edward Osok Kota Sorong, Provinsi Papua Barat pada Maret 2016.

Terminal Bandara Domine Edward Osok Kota Sorong sudah rampung dan telah dioperasikan sambil menunggu jadwal peresmian oleh Presiden Joko Widodo, kata Kepala Bandara Domine Edward Osok Paryono di Sorong, Kamis.

Dia mengatakan, terminal baru itu dioperasikan untuk melihat kekurangan agar dibenahi sebelum diresmikan Presiden.

"Kita operasikan terminal baru agar melihat kekurangan falisitas pendukung serta jumlah personel karena terminal ini sangat besar," katanya.

Dia mengatakan jumlah personel khususnya sekuriti dan kebersihan untuk operasional terminal bandara baru masih terbatas sehingga akan dilakukan penambahan personel.

Dikatakan, bangunan terminal lama akan dibongkar pada pertengahan bulan ini untuk dijadikan sebagai halaman parkir kendaraan pengunjung.

Selain itu, kata dia, landasan pacu bandara tahun ini diperpanjang dari 2.060 meter menjadi 2.500 meter agar pesawat berbadan besar bisa mendarat.

"Pekerjaan perpanjangan bandara sudah berjalan yakni, pekerjaan penimbunan dan pematangan tahan lahan landasan," katanya.

Ia menambahkan Bandara Domine Edward Osok akan terus dikembangkan agar setara dengan bandara di wilayah Indonesia bagian barat.

Pewarta: Ernes B Kakisina
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016