Wina (ANTARA News) - OPEC memproduksi 32,33 juta barel minyak mentah per hari pada Januari, meningkat 0,131 juta barel dibandingkan Desember lalu, laporan terbaru kartel menunjukkan pada Rabu.

OPEC, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak, terus mempertahankan produksi minyak tingkat tinggi dalam beberapa bulan terakhir meski terjadi penurunan harga minyak mentah dunia, lapor Xinhua.

"Produksi minyak mentah meningkat sebagian besar dari Nigeria, Irak, Arab Saudi dan Iran," kata laporan itu. Teheran mengatakan secara signifikan dapat meningkatkan produksi minyaknya tak lama setelah sanksi dicabut.

Tampaknya tida ada tanda-tanda para anggota OPEC memangkas produksi minyak untuk menyeimbangkan pasar. Dalam beberapa pertemuan terakhir dari negara-negara anggota OPEC di Wina, kartel menolak untuk mengurangi produksi minyak mentah guna mempertahankan pangsa pasar, dan OPEC telah menjaga produksi lebih dari 30 juta barel minyak mentah per hari.

Meskipun harga minyak rendah, produsen minyak besar lainnya, seperti AS dan Rusia, juga mempertahankan produksi minyak tingkat tinggi mereka.

Produsen minyak mentah non-OPEC mencatat produksi minyak lebih tinggi pada 2015 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun, kartel masih memperkirakan penurunan produksi minyak non-OPEC pada 2016.
(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016