Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo akan melantik tujuh pasang gubernur dan wakil gubernur hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak yang akan memimpin daerahnya masing-masing periode 2016-2021.

Ketujuh pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih ini akan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat.

Mereka akan dilantik pada sekitar pukul 14.00 WIB bersamaan dengan pengucapan sumpah anggota Komisi Yudisial (KY) Masa Jabatan Tahun 2015-2020 serta keanggotaan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Masa Jabatan Tahun 2016-2021 di Hadapan Presiden Republik Indonesia.

Tujuh pasang Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih itu adalah sebagai berikut H. Sahbirin Noor dan H. Rudy Resnawan (Kalimantan Selatan), H. Zumi Zola Zulkilfi dan H. Fachrori Umar (Jambi), dan H. Irwan Prayitno dan H. Nasrul Abit (Sumatera Barat).

Selanjutnya Olly Dondokambey dan Steven O.E Kandouw (Sulawesi Utara) dan H. Muhammad Sani dan Nurdin Basirun (Kepulauan Riau).

Kemudian Irianto Lambrie dan H. Udin Hianggio (Kalimantan Utara) dan H. Ridwan Mukti dan H. Rohidin Mersyah (Bengkulu).

Sebelum dilantik, para gubernur dan wakil gubernur terpilih mengikuti prosesi yang dimulai dari Istana Merdeka.

Di Istana Merdeka, para gubernur dan wakil gubernur terpilih menerima penyerahan petikan Keputusan Presiden oleh Presiden kepada masing masing gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Prosesi dilanjutkan dengan upacara pelantikan oleh Presiden yang akan dilangsungkan di Istana Negara diikuti penandatanganan berita acara pelantikan oleh masing-masing pasangan.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016