London (ANTARA News) - Apartemen London tempat Jimi Hendrix tinggal selama lebih dari 45 tahun yang lalu telah dibuka untuk umum, dan diatur kembali sebagaimana saat bintang rock itu tinggal.

Hendrix pindah ke apartemen di lantai atas di Brook Street 23 --di sebelah rumah komposer George Frideric Handel beberapa abad sebelumnya-- pada Juli 1968 setelah pacarnya Kathy Etchingham melihatnya diiklankan di koran.

Hendrix, yang meninggal pada tahun 1970 di usia 27 tahun, menulis musik, berlatih dan memberikan wawancara di apartemen itu. Dia mengatakan kepada Etchingham itu adalah "rumah nyata pertamanya" dan menghias apartemen itu sendiri dengan tirai cerah, bantal dan banyak ornamen.

Di lingkungan kelas atas Mayfair London, apartemen itu telah menjalani restorasi senilai 2,4 juta pound (3,5 juta dolar) selama dua tahun dan kini menjadi bagian dari situs sejarah "Handel & Hendrix di London" untuk mengenang dua musisi itu.

Dengan karpet di lantai, hiasan di dinding, koleksi rekaman lama dan koran serta gitar yang tergeletak di sprei tempat tidur warna-warni, apartemen itu laksana sebuah mesin waktu untuk Etchingham.

"Yah itu cukup aneh ... 45 tahun berlalu untuk kembali duduk di ruangan yang sama yang Anda sedang duduk ketika Anda berusia 22 tahun tetapi serupa seperti itu," katanya kepada Reuters saat berkunjung ke apartemen itu.

"Saya tidak merasa emosional tentang hal itu, saya hanya merasa ... itu pekerjaan yang dilakukan dengan baik dan itu adalah sesuatu yang orang biasanya tidak mengetahuinya, tapi mereka sekarang dapat melihatnya ... Bagi saya, ini adalah seperti melangkah kembali ke 45 tahun lalu atau lebih. "

Hendrix tinggal di apartemen itu selama beberapa periode pada tahun 1968 dan 1969. Pada Maret 1969, ia pergi ke New York sementara Etchingham tinggal di apartemen itu untuk sementara waktu. Apartemen itu kemudian berfungsi sebagai ruang kantor sebelum Handel House Trust mengambil alih pada tahun 2000.

Handel tinggal di sebelah selama 36 tahun dan menulis karya-karyanya, termasuk "Mesias", di situ. Dia meninggal di rumahnya pada 1759.

"Handel & Hendrix di London" menampilkan kedua rumah itu serta sebuah pertunjukan yang menampilkan kehidupan Hendrix di London di akhir 1960-an, demikian dikutip dari Reuters.
(Uu.G003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016