Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para gubernur untuk "blusukan" alias turun langsung ke lapangan untuk mengurai dan menyelesaikan masalah di daerah yang mereka pimpin.

"Jangan bekerja di belakang meja, turun langsung ke lapangan untuk mengurai masalah, untuk menyelesaikan masalah," kata Presiden Jokowi saat memberikan amanat Presiden kepada tujuh pasang gubernur/wakil gubernur yang baru saja dilantik di Istana Negara Jakarta, Jumat.

Ia menegaskan, gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada Serentak 2015 harus bisa menjadi dwitunggal yang saling memperkuat dan melengkapi.

Presiden berpesan agar mereka bekerja dengan baik, penuh amanah, dan selalu dekat dengan rakyat.

"Bekerjalah dengan baik, penuh amanah, dekatlah selalu dengan rakyat, sehingga saudara-saudara tetap menjadi pemimpin yang terpercaya," katanya.

Kepala Negara atas nama bangsa, negara, dan rakyat Indonesia, pada kesempatan itu mengucapkan selamat atas pelantikan gubernur dan wakil gubernur rakyat di tujuh provinsi.

Menurut Mantan Gubernur DKI itu rakyat di Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara pasti gembira menyambut para pemimpin baru mereka.

"Mereka pasti gembira menyambut kehadiran saudara-saudara sebagai pemimpin baru dengan mandat baru dengan semangat kepemimpinan yang baru pula," katanya.

Ia juga bersyukur karena Indonesia telah berhasil melalui dan melaksanakan Pilkada Serentak yang pertama dengan aman, damai, dan demokratis.

"Atas keberhasilan itu saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada KPU di pusat sampai di daerah, Bawaslu dan jajarannya di daerah, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, aparat keamanan, dan seluruh pihak yg telah memastikan pilkada serentak berlangsung aman, damai, dan demokratis," kata Presiden.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016