Jakarta (ANTARA News) - Toko online Tokopedia bekerja sama dengan PMI mengadakan aksi donor darah di kantor Tokopedia yang terletak di bilangan Slipi, Jakarta Barat.

"Kegiatan sosial ini dilakukan dalam rangka menyambut Valentine’s Day 14 Februari mendatang. Hari Kasih Sayang identik dengan berbagi. Melalui donor darah, kami ingin mengajak masyarakat sekitar berbagi kepada sesama yang membutuhkan," kata Siti Fauziah, Public Relations Tokopedia, dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat.

Dikutip dari website resmi PMI, donor darah membawa banyak manfaat bagi tubuh kita, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Selain itu, donor darah juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan dan mendeteksi penyakit serius.

Satu manfaat yang tidak kalah penting adalah mendapatkan kesehatan psikologis karena menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan.

Dokter dari Tim Mobil Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta, Wati, mengatakan bahwa seorang peserta harus mengetahui minimal tiga hal sebelum mengikuti donor darah.

Pertama mengenai persyaratan donor darah, misalnya usia, berat badan, dan tekanan darah minimal. Kedua, tindakan pre-donasi---sedang tidak mengonsumsi obat, harus istirahat cukup dan sebagainya. Terakhir adalah tentang apa saja yang harus dilakukan setelah melakukan donor darah atau pasca donasi, misalnya duduk tenang selama beberapa saat.

Kegiatan sosial yang dilakukan Tokopedia dalam menyambut Hari Kasih Sayang itu dilaporkan telah diikuti oleh ratusan peserta.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016