Buenos Aires (ANTARA News) - Unggulan teratas sekaligus juara bertahan Rafael Nadal mencapai semifinal Argentina Terbuka pada Jumat, mengatasi suhu 33 derajat celcius untuk meraih kemenangan 7-6 (7/3), 6-2 atas Paolo Lorenzi asal Italia.

Nadal, petenis peringkat lima dunia, kembali ke lapangan tanah liat favoritnya dan bermain di turnamen untuk pertama kalinya sejak ia secara mengejutkan dikalahkan kompatriotnya Fernando Verdasco di putaran pembukaan Australia Terbuka bulan lalu.

Ia telah menaklukkan teman dekatnya Juan Monaco dari Argentina pada putaran pertama yang berlangsung pada Kamis, namun menghadapi ujian berat pada Jumat ketika Lorenzi, petenis peringkat 52 dunia, mampu bangkit dari defisit 1-4 di set pertama.

Namun Nadal mengunci kemenangan pada match point pertamanya setelah bermain selama satu jam 51 menit.

Ini merupakan kemenangan ke-346 petenis Spanyol itu di lapangan tanah liat, ketika ia masih berada di jalur untuk mengklaim gelar ke-48 sepanjang karirnya di permukaan lapangan yang telah mengantarkannya meraih kesuksesan besar.

Nadal kini akan menghadapi petenis Austria peringkat 19 dunia Dominic Thiem pada Sabtu untuk memperebutkan tiket ke final.

Thiem, unggulan kelima, mengalahkan petenis Serbia Dusan Lajovic dengan skor 6-4, 6-2 pada perempat final mereka.

Thiem, petenis termuda dalam 20 besar dunia dengan usia 22 tahun, kalah dari Nadal melalui straight set pada pertemuan mereka sebelumnya di Prancis Terbuka 2014. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016