Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menyabet gelar pertama mereka tahun ini dalam Thailand Masters 2016 setelah memenangi final turnamen di Bangkok ini, Sabtu.

"Kami bersyukur dapat memulai tahun ini dengan awal yang bagus dari hasil juara di Thailand ini. Kami cukup puas dengan penampilan hari ini," kata Ahsan tentang kemenangannya seperti dilansir Tim Humas dan Media Sosial Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di Jakarta, Sabtu.

Pasangan itu meraih gelar pertama dalam turnamen tingkat grand prix gold setelah menaklukkan pasangan Korea Selatan Kim Gi Jung/Kim Sa Rang 12-21, 21-15, 21-12 dalam waktu 43 menit.

Kemenangan itu sekaligus menambah dominasi pasangan Indonesia atas Korea Selatan menjadi 6-2.

Pada game pertama, Kim/Kim langsung fokus pertandingan sehingga mematikan langkah Indonesia untuk mengembalikan bola-bola depan net. Sebaliknya, Hendra/Ahsan belum fokus pertandingan sehingga game pertama diraih pasangan Negeri Ginseng 21-12.

"Kami merasa lawan menerapkan pola permainan yang tidak menguntungkan bagi kami pada game pertama. Kami juga tidak ingin mengambil inisiatif lebih dulu," kata Ahsan.

Hendra/Ahsan, pada game kedua, menahan Kim/Kim untuk mengembangkan permainan mereka. Serangan-serangan pasangan Indonesia sering gagal dikembalikan Kim/Kim sehingga Hendra/Ahsan unggul 12-7 dan berlanjut hingga 21-15.

Pada game penentu, Kim/Kim masih terus tertekan oleh Hendra/Ahsan dan banyak membuat kesalahan sendiri.

"Mereka sebenarnya adalah lawan yang bagus karena lebih banyak mengatur permainan dibanding Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol. Pukulan mereka komplit dengan pertahanan yang bagus. Setelah bermain dengan tempo lama, kami meningkatkan kecepatan permainan sehingga balik mengontrol lawan," kata Hendra.

Hendra/Ahsan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang meraih gelar dalam turnamen berhadiah total 120 ribu dolar AS itu setelah ganda campuran Irfan Fadhilah/Weni Anggraini dan tunggal putri Dinar Dyah Ayustine tumbang pada perempat final Kamis sebelumnya.

Hendra/Ahsan akan langsung menyusul atlet-atlet lain tim Indonesia yang akan berlaga dalam Piala Thomas di Hyderabad, India, hingga 21 Februari.



Pewarta: Imam Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016