Sunderland, Inggris (ANTARA News) - Sebuah gol bunuh diri dari penjaga gawang Manchester United, David de Gea, membuat timnya takluk 1-2 kala mengunjungi markas Sunderland, Stadium of Light, untuk melakoni laga pekan ke-26 Liga Utama Inggris, Sabtu.

Gol itu tercipta pada menit 82 berawal sebuah situasi sepak pojok dan bek anyar Sunderland, Lamina Kone, berhasil menyambut bola dengan tandukkannya dan De Gea yang berusaha mengantisipasi bola tetapi justru membuatnya masuk ke gawang sendiri.

Gol itu sekaligus memupus harapan tim besutan Louis van Gaal untuk memperoleh sedikitnya satu poin dari pertandingan setelah sempat menyamakan kedudukan enam menit jelang turun minum.

MU sempat tertinggal lebih dulu berkat gol cepat yang dicetak penyerang sayap yang baru didatangan Sunderland Januari silam, Wahbi Khazri, dalam sebuah upaya tendangan bebas yang terlihat dimaksudkan sebagai umpan namun gagal disambut siapa pun di dalam kotak penalti dan justru menggelincir masuk ke gawang De Gea.

Penyerang Prancis Anthony Martial kemudian membuat MU menyamakan kedudukan pada menit 39 saat menyambar bola muntah tendangan keras Juan Mata yang gagal diantisipasi sempurna oleh penjaga gawang Vito Mannone.

MU harus mengakui kemenangan Sunderland 1-2 meski Tim Setan Merah menguasai 66 persen kepemilikan bola sepanjang laga.

Namun tuan rumah berhak menang jika melihat kegigihan mereka melakukan 21 kali percobaan tembakan sepanjang pertandingan.

Kemenangan itu sementara mengangkat posisi Sunderland ke peringkat 18 dengan koleksi 23 poin, meski masih terancam lantaran Norwich City (23) baru akan menjalani laga pekan ke-26 melawan West Ham United (39) serampung pertandingan di Stadium of Light.

Kemenangan pertama Sunderland dari MU di Stadium of Light sejak 1997 itu membuat klub ini naik di atas Norwich City pada posisi 18 dan hanya satu poin dari Newcastle.

Sebaliknya bagi MU (41), kakalahan kedelapan mereka musim ini tersebut membuat mereka tertahan di peringkat kelima klasemen sementara dan terancam tergusur West Ham yang berada di urutan keenam.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga tersebut seturut laman resmi liga.

Sunderland (4-1-4-1): Vito Mannone (PG); DeAndre Yedlin, Lamine Kone, John O'Shea, Patrick van Aanholt; Jan Kirchhoff (Jack Rodwell); Dame N'Doye, Lee Cattermole (Ola Toivonen), Yann M'Vila, Wahbi Khazri; Jermain Defoe (Fabio Borini)
Pelatih: Sam Allardyce

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea (PG); Matteo Darmian (Donald Love), Chris Smalling, Daley Blind, Cameron Borthwick-Jackson; Morgan Schneiderlin (Will Keane), Michael Carrick; Jesse Lingard (Memphis Depay), Juan Mata, Anthony Martial; Wayne Rooney
Pelatih: Louis van Gaal

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016